Catat, Ini 5 Ciri Anak yang Bakal Sukses di Masa Depan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 08 Agustus 2022
0 dilihat
Catat, Ini 5 Ciri Anak yang Bakal Sukses di Masa Depan
Sejak anak masih kecil ciri-ciri dia akan menjadi orang sukses sudah kelihatan. Foto: Repro bimba-aiueo.com

" Menjadi anak yang sukses merupakan idaman setiap orang. Makanya para orang tua rela berkorban demi sang anak bisa sukses di masa mendatang "

KENDARI, TELISIK.ID - Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi orang yang sukses. Berbagai upaya pun dilakukan untuk mewujudkannya.

Secara harfiah, dikutip dari gramedia.com, kata sukses memiliki arti berhasil dalam berbagai aspek. Bisa dibilang, sukses adalah sebuah keberhasilan, terlepas apa pun keberhasilan itu.

Sukses juga kerap dikaitkan dengan kehidupan ekonomi dan sosial seorang individu.

Olehnya itu, menjadi anak yang sukses menjadi idaman setiap orang. Makanya para orang tua rela berkorban demi sang anak bisa sukses di masa mendatang.

Mengutip yoursay.id dari akun instagram @golongan.sukses, berikut lima ciri anak yang bakalan sukses dikemudian hari:  

1. Punya orang tua yang growth mindset

Orang tua yang selalu memberikan support dan menghargai setiap usaha anak jelas sangat berpengaruh pada diri anak, dan bisa tumbuh berkembang dan menjadi orang sukses. Hal ini terjadi karena orang tercinta selalu memberikan dukungan dan anak merasa tidak sendirian ketika melakukan sesuatu hal, meskipun sering dijatuhi berbagai kesalahan. 

Ketimbang saat anak melakukan kesalahan, para orang tua tidak boleh menilai bahwa usahanya tidak berarti apa-apa. Di sinilah peran orang tua sangat penting untuk tetap memberikan dukungan kepada anak pada setiap usaha dilakukan, meskipun tidak memberikan hasil yang memuaskan. 

Baca Juga: 13 Ide Lomba Unik Menyambut HUT Kemerdekaan RI

2. Berpendidikan tinggi

Kalau ada orang yang mengatakan, "banyak juga kok orang sukses yang putus sekolah tetapi mereka bisa juga sukses." Yah, pernyataan itu memang tidak salah. Tetapi penting diingat bahwa di balik itu ada banyak lagi yang hidupnya hancur, miskin, bahkan mati muda.

Semakin tinggi pendidikan anak, tentunya juga makin besar peluang untuk menjadi orang sukses ketimbang mereka yang pendidikannya rendah. 

3. Anak terbiasa dengan keahlian sosial

Peneliti dari Pennsylvania State University and Duke University menelusuri lebih dari 700 anak usia TK sampai 25 tahun dan menemukan hubungan erat antara kemampuan sosial semasa TK menentukan sukses di usia dewasa dua dekade mendatang.

Kemampuan sosial seperti empati dan kerja sama sangat mendukung anak bisa tumbuh dengan baik, dan tentu hidupnya pun bisa menjadi orang yang sukses. 

4. Memiliki ekspektasi yang tinggi

Menggunakan data survei 6.600 anak yang lahir di tahun 2001, Profesor Neal Halfon dari UCLA menemukan ekspektasi orang tua terhadap anaknya bisa berdampak pencapaian yang besar.

Baca Juga: 7 Cara Alami Membuat Bibir Jadi Merah Merona, Nomor 2 Banyak yang Tak Tahu

Ekspektasi yang tinggi pada anak akan mendorong untuk bisa lebih semangat berjuang, tetapi dengan catatan perlu sejalan dengan passion anak. 

5. Minim stress

Menurut penelitian yang dikutip dari Brigid Schulte dari Washington Post, jumlah jam yang disediakan ibu dengan anak berusia antara 3-11 tahun bisa memprediksi perilaku, kebahagiaan, dan pencapaian seorang anak.

Kondisi ini bisa menghindari minim stress, orang yang sering dilanda stres tentu bakalan sulit menjalani kehidupan yang sejahtera dan sukses. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga