Catat, Sebelum Minum Obat Perhatikan Hal Ini

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 07 Februari 2022
0 dilihat
Catat, Sebelum Minum Obat Perhatikan Hal Ini
Sebelum minum obat, pastikan jika obat yang Anda gunakan sesuai dengan penyakit yang Anda miliki. Foto: Repro hellosehat.com

" Agar obat dapat bekerja optimal, penting untuk membaca aturan pakai obat yang biasanya tertera pada label kemasan "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu yang harus dilakukan saat seseorang sedang sakit adalah mengkonsumsi obat. Obat yang sudah melalui pemeriksaan dokter.

Seperti yang dikutip dari wikipedia.org, obat adalah zat apa pun yang menyebabkan perubahan fisiologi atau psikologi organisme saat dikonsumsi. Obat-obatan biasanya dibedakan dari makanan dan zat yang menyediakan nutrisi.

Konsumsi obat dapat dilakukan melalui inhalasi, injeksi, merokok, ingesti, absorpsi melalui kulit, atau disolusi di bawah lidah.

Melansir hellosehat.com, agar obat dapat bekerja optimal, penting untuk membaca aturan pakai obat yang biasanya tertera pada label kemasan. Terutama jika Anda minum obat tanpa resep dokter yang banyak dijual di apotek atau pasaran.

Pahami dan teliti seberapa banyak dosis yang harus Anda gunakan dan kapan waktu yang dianjurkan untuk mengonsumsinya.

Selain itu, cari tahu apakah obat tersebut harus diminum sebelum atau sesudah makan. Yang tak kalah penting, pastikan juga jika obat yang Anda gunakan sesuai dengan penyakit yang Anda miliki.

Baca Juga: Cek Tagihan Listrik Bisa Lewat HP, Berikut 3 Caranya

Ingat, minum obat tidak sesuai aturan pakai justru dapat membuat kondisi Anda bertambah parah. Maka bila perlu, tanyakan pada apoteker atau dokter jika Anda bingung tentang cara pakai atau dosis obat yang akan Anda gunakan.

Terakhir, minum obat paling baik dengan air putih. Tidak dengan kopi, teh, jus, susu, minuman ringan bersoda, apalagi minuman keras.

Baca Juga: Begini 5 Cara Ampuh Cegah Munculnya Komedo

Dengan begitu, proses penyerapan obat dalam tubuh tak terhambat sehingga Anda bisa cepat sembuh tanpa efek samping yang mengkhawatirkan. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani HambaliĀ 

Artikel Terkait
Baca Juga