Cegah Anemia Remaja Putri, Dinkes Sulawesi Tenggara Gelar Aksi Bergizi di Bombana

Erni Yanti, telisik indonesia
Jumat, 22 Desember 2023
0 dilihat
Cegah Anemia Remaja Putri, Dinkes Sulawesi Tenggara Gelar Aksi Bergizi di Bombana
Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara bersama pelajar. Foto: Ist.

" Dinkes Sulawesi Tenggara menggelar Aksi Bergizi di SMAN 12 Bombana untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya konsumsi tablet tambah darah, aktivitas fisik, hingga mengonsumsi makanan bergizi seimbang "

BOMBANA, TELISIK.ID - Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat khususnya sekolah, Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bombana menggelar kegiatan Aksi Bergizi di SMAN 12 Kabupaten Bombana.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat khususnya sekolah, mengenai pentingnya mengonsumsi tablet tambah darah (TTD), melakukan aktivitas fisik, hingga mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara, Rosmawati mengatakan, Aksi Bergizi bukan hanya sekedar edukasi promosi tapi ada juga pemberian tablet penambah darah.

"Aksi Bergizi bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, dimana aksi tersebut bukan hanya soal kasus kesehatan melainkan edukasi sehingga semua kabupaten/kota berhak mendapatkan," ungkapnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Asisten III Pemda Kabupaten Bombana dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bombana beserta jajaran, serta lintas sektor terkait dan juga dari puskesmas.

Baca Juga: Dinkes Sulawesi Tenggara Gelar Aksi Bergizi di Kolaka Utara, Upaya Peningkatan Gizi dan Cegah Anemia

Dalam sambutannya Asisten III Pemda Kabupaten Bombana menyampaikan masalah defesiensi gizi mikro yang masih menjadi tantangan saat ini adalah anemia.

Anemia adalah  suatu kondisi dimana tubuh seseorang mengalami penurunan atau jumlah sel darah merah yang ada di dalam tubuh berada di bawah batas normal.

Anemia juga merupakan salah satu masalah kesehatan yang banyak ditemukan pada golongan remaja. Permasalahan ini menjadi ancaman serius dalam mewujudkan kualitas generasi bangsa, sebagai objek dan subjek pembangunan.

Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara bersama para siswi peserta kegiatan Aksi Bergizi. Foto: Ist.

 

Tujuan dari kegiatan gerakan Aksi Bergizi antara lain meningkatkan literasi warga sekolah tentang pentingnya tablet tambah darah, olahraga atau aktivitas fisik, dan konsumsi gizi seimbang (aksi bergizi).

Kemudian meningkatkan komitmen sekolah untuk melaksanakan kegiatan Aksi Bergizi secara rutin setiap minggu, dan meningkatkan kolaborasi lintas sektor dalam rangka penyelenggaraan Aksi Bergizi di dekolah.

Baca Juga: Dua Kabupaten di Sulawesi Tenggara Belum Eliminasi Malaria

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara yang telah bersedia untuk menyelenggarakan kegiatan Aksi Bergizi di Kabupaten Bombana. dan mengucapkan terima kasih kepada Kepala Sekolah SMAN 12 Bombana beserta siswa-siswi, yang telah bersedia mengikuti rangkaian kegiatan Aksi Bergizi.

Kegiatan Aksi Bergizi melalui gerakan serentak minum tablet tambah darah pada remaja putri sebagai bentuk upaya meningkatkan gizi remaja serta mencegah anemia pada remaja putri sehingga mendukung pencegahan stunting secara nasional.

Siswa dan siswi sekolah merupakan generasi penerus bangsa, karena itu harus cerdas dan sehat. Remaja putri diharapkam agar selalu membiasakan diri sendiri mengonsumsi makanan yang bergizi dan rutin minum tablet tambah darah. (B-Adv)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga