Cegah Penyebaran COVID-19, Wisuda UPMI Medan Dilakukan Tiga Tahap

Ones Lawolo, telisik indonesia
Sabtu, 07 November 2020
0 dilihat
Cegah Penyebaran COVID-19, Wisuda UPMI Medan Dilakukan Tiga Tahap
Rektor UPMI Medan, Prof. Dr. Ali Mukti Tanjung SH, MM. Foto: Ones Lawolo/Telisik

" Wisuda tahun ini kita mematuhi peraturan COVID-19 yang sedang mewabah. Kita mematuhi protokol kesehatan dengan mewisuda mahasiswa memakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan. "

MEDAN, TELISIK.ID - Untuk pertama kalinya, Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia (UPMI) Medan mewisuda alumninya selama pandemi COVID-19.

Untuk mencegah penularan COVID-19, proses wisuda tetap dilakukan secara langsung (bukan wisuda online), tetapi dibagi menjadi tiga tahap.

Tahap pertama dilakukan Kamis (5/11/2020) di Aula Kampus II UMPI Medan, Jalan Balai Desa Marindal II, Kecamatan Patumbak, Sumatera Utara (Sumut). Wisuda 176 alumni lulusan Program Sarjana dari Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi itu dibagi menjadi dua sesi.

Prosesi pertama dilakukan pada pagi terhadap mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Hukum sebanyak 92 orang. Sesi kedua dilakukan terhadap mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Ekonomi sebanyak 84 orang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Rektor UPMI Medan, Prof. Dr. Ali Mukti Tanjung SH, MM kepada Telisik.id saat ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (7/11/2010).

Baca juga: Tiga Prodi di Unilaki Terakreditasi B

Prof. Dr. Ali Mukti mengatakan, para mahasiswa dan mahasiswi yang diwisuda merupakan mahasiswa Strata-1. Dalam wisuda tersebut, juga diterapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Wisuda tahun ini kita mematuhi peraturan COVID-19 yang sedang mewabah. Kita mematuhi protokol kesehatan dengan mewisuda mahasiswa memakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan," katanya.

Dijelaskannya, wisuda alumni Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik dan Fakultas FKIP, akan dilakukan pada tahap kedua yang akan dilaksanakan pada bulan Januari 2021 mendatang.

Selain itu, kata Prof. Dr. Ali Mukti, wisuda alumni Program Pasca Sarjana juga direncanakan di tahap ketiga pada bulan Februari 2021 untuk alumni Fakultas Ilmu Administrasi dan Fakultas Ilmu Hukum.

"Kita buat tiga periode wisuda mengingat pandemi COVID-19 ini yang tidak boleh mengumpulkan banyak orang. Meskipun demikian, tidak menyurutkan semangat kita bersama untuk melakukan wisuda," ujarnya.

Dia juga menyebutkan, jumlah total wisudawan tahun akademi 2019/2020 sebanyak 508 mahasiswa. Mahasiswa yang lulus tersebut diyakini merupakan mahasiswa yang tangguh dalam mengabdi di tengah - tengah masyarakat.

Baca juga: Dua Sekolah di Konawe Jadi Role Model Berwirausaha Sejak Dini

"Para wisudawan diharapkan mengubah pola pikirnya untuk meraih prestasi, berkarya dan harus mengabdi kepada masyarakat," tuturnya.

Ali Mukti bercerita, selama ini lulusan dari UPMI Medan dikenal profesional dan siap dipakai di dunia kerja, karena memang UPMI Medan berusaha menghasilkan lulusan yang unggul, profesional, berkarakter, memiliki kecerdasan intelektual dan berwawasan kebangsaan.

"Mahasiswa dan mahasiswi UPMI Medan juga menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu yang didapatkan dari UPMI Medan. Selain itu, juga mampu bersaing di dunia kerja karena memiliki kecerdasan intelektual dan berwawasan tinggi," imbuhnya.

Dia juga berharap kepada para wisudawan agar mengikuti perkembangan zaman agar dapat menguasai teknologi dan informasi sehingga tidak ketinggalan dengan yang lainnya.

"Harapan saya semua yang diwisuda semoga tambah sukses. Bagi yang belum bekerja segera bisa berkarya atau mengabdi agar ilmu yang diperoleh di UPMI bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara," terangnya.

Bagi yang sudah bekerja harus bisa meningkatkan karirnya. Karena wisuda ini bukan akhir dari pencapaian cita-cita, tapi ini merupakan langkah awal menghadapi tantangan dan peluang untuk meraih masa depan yang lebih baik. (B)

Reporter: Ones Lawolo

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga