Cegah PMK pada Ternak Jelang Akhir Tahun 2022

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 12 Desember 2022
0 dilihat
Cegah PMK pada Ternak Jelang Akhir Tahun 2022
Pemkab Konawe lakukan pemeriksaan ternak sapi dan kambing untuk mencegah penularan PMK. Foto: Ist.

" Menjelang akhir tahun 2022, di Kabupaten Konawe masih steril dan belum ditemukan indikasi ternak yang tertular penyakit mulut dan kuku (PMK) "

KONAWE. TELISIK.ID – Menjelang akhir tahun 2022, di Kabupaten Konawe masih steril dan belum ditemukan indikasi ternak yang tertular penyakit mulut dan kuku (PMK). Namun pihak Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Konawe masih terus melakukan upaya pencegahan.

Upaya itu dilakukan dengan cara penyemprotan disinfektan, serta menyiapkan vaksin jika terdapat sapi atau kambing yang terindikasi PMK.

Kapala Disnakeswan Konawe, Jumrin mengatakan, untuk Kabupaten Konawe masih steril, namun bukan berarti pihaknya harus bersantai. Ia bahkan menurunkan 29 orang yang tergabung dalam beberapa tim untuk mencegah masuknya hewan ternak ke Konawe.

“Saat ini kami mencegah masuknya hewan ternak dari daerah lain dengan cara mencegat hewan ternak yang akan masuk ke Konawe, karena saat ini sudah ada beberapa daerah yang terindikasi,” ujarnya.

Lanjutnya, saat ini pemerintah pusat juga telah memberikan vaksin untuk 5.000 ekor ternak termasuk obat untuk 2.000 ekor ternak yang bersumber dari APBN.

Baca Juga: Aplikasi Simpati dan Sikomo BerAKSI Mudahkan Masyarakat Pantau stok dan Harga Pangan

"Seandainya bisa, kami akan melakukan pengadaan vaksin dan obat-obatan PMK, namun masih APBN yang atur,” tuturnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar hewan ternak mereka segera divaksin, karena akan menciptakan kekebalan tubuh serta menjauhkan penyakit lain yang akan menyerang.

Baca Juga: Empat Puskesmas di Muna Punya Ruang Pelayanan Bersalin

“Saya harap masyarakat yang punya ternak jangan ragu untuk divaksin, karena PMK ini penyakit yang cepat menular,” tandasnya.

Sementara itu salah satu peternak, Maman menuturkan, sangat berterima kasih pada pemerintah daerah karena telah melakukan vaksinasi pada ternaknya untuk mencegah penularan PMK.

"Soalnya kalau sapi sudah kena penyakit PMK, harga dagingnya pasti akan turun dan itu merugikan kita para peternak," tambahnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga