Cinta Produk Lokal, Toko Oleh-Oleh Al Hajj Rangkul Pelaku UMKM Kendari

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 07 Februari 2024
0 dilihat
Cinta Produk Lokal, Toko Oleh-Oleh Al Hajj Rangkul Pelaku UMKM Kendari
Suasana Toko Oleh Oleh Al Hajj yang merangkul para pelaku UMKM di Kota Kendari. Foto: Kolase

" Konsep yang dijalankan Toko Oleh-Oleh Al Hajj sangat bagus, sebab fokus merangkul para pelaku UMKM di Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu peluang usaha yang dapat dilakukan untuk mendukung produk lokal daerah adalah dengan membuka tokoh oleh-oleh. Peluang tersebut disambut baik oleh seorang pelaku UMKM Kota Kendari, Amrin Amrullah.

Berawal dari kecintaan terhadap produk lokal Sulawesi Tenggara, Amrin Amrullah mendirikan usaha Toko Oleh-Oleh Al Hajj. Toko ini belokasi di Jalan Wulele, Kelurahan Bonggoeya, Kecamatan Wua-Wua, atau tepatnya di depan gerbang Asrama Haji Kota Kendari.

Amrin Amrullah yang juga merupakan seorang mentor UMKM bersertifikasi BNSP dan wakil Ketua Forum UMKM Sulawesi Tenggara mengatakan, selain memiliki cita-cita untuk lebih mengenalkan produk lokal daerah ke tingkat nasional, ia juga ingin terus membersamai para pelaku UMKM.

Baca Juga: Enam Daerah di Sulawesi Tenggara jadi Prioritas Pengamanan Distribusi Logistik Pemilu

Olehnya itu, ia pun mendirikan Rumah UMKM Sultra yang juga menghadirkan Toko Oleh-Oleh Khas Kendari yang diberi nama Toko Oleh-Oleh Al Hajj. Di toko ini, menyediakan semua produk asli pelaku UMKM Sulawesi Tenggara, mulai dari keripik hingga kerajinan tangan khas daerah.

“Kami mengajak semua pelaku industri kecil dan menengah untuk tumbuh dan berkembang bersama. Silakan bawa produknya di Toko Oleh-Oleh Al Hajj,” ajaknya.

Sementara itu, Aharuddin, Konsultan Strategi Marketing mengungkapkan, konsep yang dijalankan Toko Oleh-Oleh Al Hajj sangat bagus, sebab fokus merangkul para pelaku UMKM di Kendari.

Di sana, pemilik toko menyatukan konsep toko oleh-oleh dengan wadah edukasi bisnis, sehingga memberikan nilai tambah bagi pelaku UMKM. Hal ini memungkinkan mereka untuk memasarkan produk secara offline dan online, serta mengadopsi strategi pemasaran digital.

“Semoga dengan kolaborasi ini, pelaku UMKM dapat bersama-sama berkembang,” ujarnya.

Baca Juga: 22.289 Personel TNI Polri dan Linmas Diterjunkan Amankan TPS di Sulawesi Tenggara

H. Abdul Hakim, Ketua Forum UMKM - IKM Sulawesi Tenggara, mengajak para pelaku UMKM untuk bergabung bersama Toko Oleh-Oleh Al Hajj. Dengan bergabung, semua pihak dapat bersama-sama berkembang dan usahanya bisa lebih maju lagi.

“Jadi dengan bergabung juga akan membantu produk kita untuk lebih dikenal luas.,” katanya.

Abu Fatih, salah seorang pengunjung Toko Oleh Oleh Al Hajj mengapresiasi dengan bukanya toko oleh-oleh ini. Baginya, dapat memudahkan masyarakat, khususnya para wisatawan untuk menjangkau produk lokal para pelaku UMKM di Kota Kendari.

“Iya, ini tidak hanya memudahkan para wisatawan untuk membeli produk lokal kita, tapi juga membantu para pelaku UMKM dalam memasarkan produknya,” katanya. (A)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga