Ciptakan Mahasiswa Unggul dan Berjiwa Kewirausahaan, FPIK UHO Buat Produk Olahan Perikanan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 23 November 2023
0 dilihat
Ciptakan Mahasiswa Unggul dan Berjiwa Kewirausahaan, FPIK UHO Buat Produk Olahan Perikanan
FPIK UHO Kendari menggelar expo kewirausahaan di halaman Gedung Susi Pudji Astuti. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Mengembangkan mahasiswa berkarakter kewirausahaan, Fakultas Perikanan dan lmu Kelautan (FPIK) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari menggelar Expo Kewirausahaan di halaman Gedung Susi Pudji Astuti FPIK, UHO "

KENDARI, TELISIK.ID - Mengembangkan mahasiswa berkarakter kewirausahaan, Fakultas Perikanan dan lmu Kelautan (FPIK) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari menggelar Expo Kewirausahaan di halaman Gedung Susi Pudji Astuti FPIK, UHO.

Kegiatan tahunan ini merupakan kegiatan rutin yang mengkuti program mata kuliah kewirausahaan perikanan dan kelautan dengan tema: be a young entrepreneur, enjoy your day, enjoy your life, be an entrepreneur.

Wakil Dekan I Bidang Akademik FPIK UHO, La Ode Muh Yasir Haya menuturkan, adanya kegiatan ini para mahasiswa bisa menciptakan peluang wirausaha menjadi produk-produk perikanan yang bernilai ekonomi.

"Akan muncul gen kewirausahaan dalam dirinya, terutama dalam memanfaatkan potensi kelautan dan perikanan, tinggal dilihat minat anak-anak di bidang apa saja baik pangan dan non pangan," bebernya pada Telisik.id, Kamis (23/11/2023).

Baca Juga: Pemilik RM Kampoeng Mangrove Ngaku hanya Terima Surat Pemutusan Listrik, Bangunan Malah Dibongkar

Ini juga merupakan salah satu visi di FPIK UHO adalah melahirkan jiwa kewirausahaan, diharapkan mahasiswa bisa memanfaatkan hal tersebut saat duduk di bangku perkuliahan hingga mahasiswa lulus dari FPIK, UHO.

Foto bersama kegiatan kewirausahaan di FPIK UHO Kendari. Foto: Ist.

 

Koordinator Mata Kuliah Kewirausahaan Perikanan dan Kelautan, Sarini Yusuf menyebut, mahasiswa di FPIK harus mengembangkan ide atau kreativitasnya dalam mengolah sumber daya perikanan dan kelautan menjadi produk-produk perikanan, melalui kegiatan yang di kemas dalam bentuk Ekspo Kewirausahaan FPIK UHO tahun 2023.

Selain menghasilkan mahasiswa yang berjiwa entrepreneurship, mahasiswa juga dituntut bisa beraktivitas dan berinovasi dalam mengelolah peluang yang ada seperti opportunity seeking (pencarian peluang), inovator dan calculated risk factor (pengambil risiko), semua itu perlu di implementasikan oleh mahasiswa.

Kewirausahaan ini juga bisa memberikan manfaat lain pada mahasiswa perikanan di antaranya:

- Pengembangan keterampilan bisnis, mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan manajemen, pemasaran, dan keuangan yang esensial dalam menjalankan usaha perikanan dan kelautan.

- Inovasi dalam Teknologi, kewirausahaan mendorong pengembangan teknologi baru yang dapat diterapkan dalam sektor perikanan dan kelautan, meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan.

- Pemberdayaan ekonomi lokal, dengan membentuk usaha sendiri, mahasiswa dapat memberikan kontribusi positif terhadap ekonomi lokal, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar.

- Pelestarian lingkungan, kewirausahaan yang berfokus pada kelautan sering kali terkait dengan praktik-praktik berkelanjutan, membantu dalam pelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati laut.

- Peningkatan kreativitas, mengelola usaha sendiri membutuhkan kreativitas dalam menemukan solusi untuk tantangan bisnis, dan ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir inovatif mahasiswa.

- Pengalaman praktis, mahasiswa mendapatkan pengalaman praktis dalam mengelola bisnis, yang dapat menjadi modal berharga untuk karir masa depan mereka.

- Penguatan jaringan, kegiatan kewirausahaan memungkinkan mahasiswa untuk membangun jaringan dengan pemangku kepentingan dalam industri perikanan dan kelautan, termasuk mentor, investor, dan mitra bisnis potensial.

Kewirausahaan tidak hanya memberikan manfaat individu bagi mahasiswa, tetapi juga memberikan dampak positif pada sektor perikanan dan kelautan secara keseluruhan.

Baca Juga: Disaksikan Pj Wali Kota Kendari, Kampung Mangrove Diratakan dengan Alat Berat

Sementara itu, salah satu peserta expo kewirausahaan, Abdul Bukit Jalil mengatakan, kelompoknya mengembangkan bisnis wadah budidaya ikan.

"Budidaya ini ikan hias, seperti ikan mas dan sebagainya, keunggulan utama dari wadah ini efisiensi lahan dan menggunakan panel surya," bebernya.

Kegiatan expo ini, mahasiswa banyak menampilkan menu olahan perikanan dan kelautan seperti pempek ikan, rice bowl cumi pedas, lumpia tuna, crispy tuna, majito ice, ikosis legit, sambal cumi pedas, lumpia teri dan wadah budidaya ikan (wafins), tofu nori, kimbab, tobinsu, kimbab dan sebagainya.

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa semester 3, 5 dan 7 yang terdiri dari 6 jurusan/prodi dari FPIK dan 1 prodi dari FMIPA UHO. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga