Daerah Transmigrasi di Muna Dapat Dana Rp 500 Miliar Buat Pengembangan Technopar

Sunaryo, telisik indonesia
Minggu, 07 November 2021
0 dilihat
Daerah Transmigrasi di Muna Dapat Dana Rp 500 Miliar Buat Pengembangan Technopar
Bupati Muna, LM Rusman Emba. Foto: Sunaryo/Telisik

" Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (KDPDTT) menyiapkan dana sebesar Rp 500 miliar, untuk pengembangan techopark transmigarasi di wilayah Muna Timur Raya (Mutiara) Kabupaten Muna "

MUNA, TELISIK.ID - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (KDPDTT) menyiapkan dana sebesar Rp 500 miliar, untuk pengembangan techopark transmigarasi di wilayah Muna Timur Raya (Mutiara) Kabupaten Muna.

Anggaran tersebut disiapkan untuk mendukung perkembangan ekonomi berbasis pada ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) pada kawasan transmigrasi yang mempertemukan akademisi, pelaku bisnis, dan pemerintah.

Bupati Muna, LM Rusman Emba menerangkan, kawasan tramsigrasi Mutiara telah masuk pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024.

Baca Juga: Soal Pengumuman Mega Proyek, Pemkot Baubau Bakal Digugat

Dengan anggaran sebesar Rp 500 miliar tersebut, akan digunakan untuk pengembangan empat komoditi unggulan yang meliputi jambu mete, kelapa, jagung, dan sapi.

"Anggaran itu digunakan untuk membangukan pabrik-pabrik dan pengembangan kawasan transmigrasi Mutiara," kata Rusman, Minggu (7/11/2021).

Kini, masterplan science technopark (STP) telah masuk penyusuan tahap akhir yang dilakukan Universitas Gajah Mada (UGM).

Baca Juga: Gempa Guncang Bolaang Mongondow Selatan

Masterplan digunakan sebagai roadmap (panduan) penyusunan dokumen perencanaan, pelaksanaan pembangunan dan pengembangannya.

"Kami di Pemkab di APBD 2022 akan mendukung penganggaran dari sisi perencanaanya," timpalnya. (C)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga