Damri jadi Pilihan Utama Masyarakat: Kualitas Layanan dan Tarif Terjangkau

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Jumat, 09 Juni 2023
0 dilihat
Damri jadi Pilihan Utama Masyarakat: Kualitas Layanan dan Tarif Terjangkau
Damri menjadi pilihan masyarakat sebagai transportasi antar pulau, dengan pelayanan yang ramah dan tarif terjangkau. Foto: Febry Jahra Lestiani/Telisik

" Selain tarifnya murah, pelayanan damri yang ramah disabilitas maupun lansia, membuatnya masih menjadi pilihan transportasi masyarakat di darat maupun antar pulau "

KENDARI, TELISIK.ID - Selain tarifnya murah, pelayanan damri yang ramah disabilitas maupun lansia, membuatnya masih menjadi pilihan transportasi masyarakat di darat maupun antar pulau.

Damri merupakan perusahaan transportasi umum yang beroperasi di Indonesia yang  menyediakan layanan bus antarkota, bus bandara, bus pariwisata, dan bus kota di berbagai daerah Indonesia.

Meski waktu tempuh damri tergolong lebih lambat dibandingkan kendaraan pribadi, namun keamanan transportasi ini masih terjaga sehingga masyarakat masih setia menggunakannya.

Di Terminal Damri Baruga sendiri, sejumlah unit yang beroperasi jalur antar pulau maupun darat. Jalur kepulauan di antaranya rute Kendari-Baubau, Kendari-Tondasi, Kendari-Mawasangka dan Kendari-Ereke.

Baca Juga: Pasca Kenaikan BBM, Tarif Angkutan Damri Jenis Perintis Masih Normal

Sedangkan jalur darat Kendari-Penanggo, Kendari-Abuki dan Kendari-Bungku. Namun beberapa di antaranya tidak beroperasi jika tidak ada penumpang.

Salah seorang petugas tiket, Adriyanto menjelaskan, jika penumpang dengan rute tertentu sepi penumpang maka armada tidak dijalankan karena hal itu bisa merugikan.

“Tapi sejauh ini kalau yang jalur antar pulau ramai penumpang terus,” jelasnya, Jumat (9/6/2023).

Kepala UPTD Pengelolaan Sarana Prasarana atau Sarpras Perhubungan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Dishub Sulawesi Tenggara, Muhammad Asrin menambahkan, jika kualitas pelayanan pada damri terus ditingkatkan.

“Bahkan jika penumpang membludak kami menambah armada lagi untuk dijalankan, apalagi nantinya menghadapi arus mudik Idul Adha,” ujar Asrin, Jumat (9/6/2023).

Baca Juga: Emak-emak Tarik Bus Damri Pakai Tali di Tanjakan Jalan Rusak Ronta-Maligano

Ia juga menegaskan, kendaraan yang masuk ke terminal sudah siap pakai, dalam artian sudah diperiksa kesehatan kendaraannya agar tidak terjadi kendala di perjalanan.

Seorang penumpang rute Kendari-Mawasangka, Wa Ago (56) menjelaskan, alasannya memilih damri karena bisa lebih santai apalagi sambil membawa barang bawaan.

“Untuk kami yang usianya sudah tak lagi muda, ini pilihan yang tepat karena tak perlu repot naik turun, cukup ke terminal nanti setiba di kampung langsung di tempat tujuanku,” ucapnya. (A)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga