Debat Digelar Jumat, Ini Persiapan Cawapres 2024

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 21 Desember 2023
0 dilihat
Debat Digelar Jumat, Ini Persiapan Cawapres 2024
Cawapres nomor urut satu Muhaimin Iskandar (kanan), berbincang dengan Cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka (tengah) dan Cawapres nomor urut tiga Mahfud MD (kiri) dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa, 12 Desember 2023. Foto: Tempo.co

" Usai sukses menggelar debat capres pada Selasa, 12 Desember 2023 lalu, KPU akan melangsungkan debat kedua pada Jumat (22/12/2023) besok "

JAKARTA, TELISIK.ID - Usai sukses menggelar debat capres pada Selasa, 12 Desember 2023 lalu, KPU akan melangsungkan debat kedua pada Jumat (22/12/2023) besok.

Berbeda dari debat pertama, agenda debat kedua ini dikhususkan untuk para cawapres. Sehingga nantinya Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud Md akan saling adu gagasan.

Adapun tema debat kedua cawapres Pemilu 2024 adalah ekonomi, dengan perincian ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, serta infrastruktur dan perkotaan seperti dilansir dari Tempo.co.

Baca Juga: Debat Kedua Capres di JCC Gunakan Podium, Cak Imin Minta KPU Adil Tetapkan Jumlah Pendukung

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari menyatakan, pihaknya akan menyiapkan podium untuk debat capres-cawapres pada pilpres 2024. Hasyim Asy'ari mengatakan adanya podium ini berdasarkan evaluasi dari debat pertama.

Sementara untuk durasi debat cawapres, dia menyebut tak jauh berbeda dengan debat capres yang diselenggarakan sebelumnya. Hasyim menyebut, durasi yakni 150 menit. Sedangkan untuk durasi khusus debatnya sepanjang 120 menit.

"Dan kemudian durasi waktu debat juga masih sama persis, 150 menit. Dan dengan durasi khusus untuk debatnya 120 menit dengan 6 segmen. Jadi durasinya sama persis, seperti misalkan ketika diajukan pertanyaan oleh panelis, maka calon wakil presiden yang akan menjawab diberikan kesempatan untuk menjawab sekitar 2 menit," tambahnya dilansir dari Liputan6.com.

Baca Juga: 3 Fakta 'Ndasmu Etik' yang Viral Dilontarkan Prabowo Subianto dan Awal Mula Kronologinya

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut satu, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menanggapi santai soal masukan yang meminta KPU menyediakan podium bagi para peserta debat untuk calon presiden (capres) dan wakil presiden (cawapres) berikutnya.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu tidak ambil pusing dengan penggunaan podium pada debat cabpres-cawapres di pilpres 2024. Dia mengaku siap menghadapi debat dengan format apa pun yang disiapkan KPU. Sementara, Cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka menegaskan siap menghadapi debat kedua pilpres 2024.

"Ya nanti disiapkan ya, makasih," ujar putra sulung Presiden Jokowi. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga