Demokrat Jawa Timur Bidik Tambahan Suara Dua Dapil

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Sabtu, 20 Mei 2023
0 dilihat
Demokrat Jawa Timur Bidik Tambahan Suara Dua Dapil
Ketua Bappilu Femokrat Jatim Haji Samwil, membeberkan target Demokrat di Pemilu 2024 mendatang. Foto: Ist.

" Sesuai target Ketua DPD Demokrat Jawa Timur, ada penambahan dua dapil di DPRD Jawa Timur yang bisa menjadi peluang tambahan kursi "

SURABAYA, TELISIK.ID - Partai Demokrat tak mau terpuruk di Pemilu 2024 mendatang, khususnya di Jawa Timur. Mengingat Jawa Timur merupakan basis massa partai besutan SBY tersebut.

Ketua Bappilu Demokrat Jawa Timur, Haji Samwil mengatakan, sesuai target Ketua DPD Demokrat Jawa Timur, ada penambahan dua dapil di DPRD Jawa Timur untuk bisa menjadi peluang tambahan kursi.

"Harus ada penambahan perolehan suara di dua dapil untuk pemilu mendatang. Untuk sekarang ada 14 kursi. Maka dalam pemilu mendatang harus ada dua dapil untuk dimenangkan sehingga total 18 kursi yang harus bisa dikejar dan dimenangkan. Syukur-syukur bisa lebih," ujar pria kelahiran Bawean ini, sabtu (20/5/2023).

Baca Juga: Prabowo Bicara Empat Mata dengan Gibran Usai Didukung Relawan Jokowi, Pilpres 2024 Panas

Samwil mengatakan, untuk merealisasikan target tersebut, saat ini pihaknya sudah menyiapkan bacaleg yang siap bertarung di masing-masing dapil yang ditargetkan untuk meraih kursi.

"Saat ini kami membantu DPC Demokrat di kabupaten dan kota agar di setiap dapilnya bisa meraih kursi. Minimal 1 dapil bisa terpenuhi kursinya," jelasnya.

Jika hal tersebut terpenuhi, sambung pria yang juga mantan aktifis, maka hal yang wajar untuk Demokrat kembali dengan kekuatan seperti 2009.

"Walau tidak sama tapi mirip dengan meraih kemenangan," jelasnya.

Tak hanya itu, lanjut Samwil, untuk mendongkrak partainya, juga harus bisa mendapatkan elektoral dari capres yang diusungnya.

"Pilpres lalu tak dapat, namun di Pemilu 2024 kami optimis bisa dapat itu di Pemilu 2024," tuturnya.

Sedangkan sebagai Bappilu, kata Samwil, organ partai harus penuh semuanya dimana pengurus mulai anak ranting, kecamatan sampai cabang atau kota harus penuh semua dan terisi.

"Kalau itu dilaksanakan dengan baik, tentunya elektoral partai akan naik di Pemilu 2024 mendatang," tandasnya.

Ketua Demokrat Jawa Timur Emil Dardak mengatakan, pihaknya menargetkan 15 persen suara yang setara dengan 18 kursi di DPRD Jatim atau naik dari hasil Pemilu 2019 sebanyak 14 kursi.

Baca Juga: Fokus Menangkan Ganjar Pranowo, Kader PDIP Ini Rela Tak Nyaleg

Wagub Jawa Timur ini optimis mampu mengulang kesuksesan sejarah pemilu-pemilu sebelumnya yang sukses mengantar tokoh diusungnya sebagai pemimpin, baik tingkat nasional maupun daerah.

“Pada 2004-2014 ada Pak SBY sang presiden, 2014-2019 ada Pakde Karwo-Gus Ipul sebagai Gubernur Jatim, yang kemudian dilanjutkan Khofifah-Emil 2019-2024. Periode 2024-2029, Demokrat Jatim komitmen lanjutkan Khofifah-Emil jilid II," tutur mantan Bupati Trenggalek tersebut. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga