Deretan Fakta Pembunuhan WNI di Jepang, Mayat Ditemukan di Dalam Koper

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 21 April 2023
0 dilihat
Deretan Fakta Pembunuhan WNI di Jepang, Mayat Ditemukan di Dalam Koper
Lokasi ditemukannya WNI, korban hilang pada 2021 lalu, namun mayatnya baru ditemukan di dalam koper pada April 2023 di Kota Ono, Prefektur Fukushima. Foto: Repro Medcom.id

" Viral di media sosial Warga Negara Indonesia meninggal di Jepang. Mayatnya ditemukan di dalam koper di daerah pegunungan Kota Ono, Fukushima "

ONO, TELISIK.ID - Viral di media sosial Warga Negara Indonesia (WNI) meninggal di Jepang. Mayat WNI tersebut ditemukan di dalam koper di daerah pegunungan Kota Ono, Fukushima, setelah dua tahun dinyatakan hilang.

Dikutip dari Kompas.com, pada bulan lalu, pihak kepolisian menerima laporan seorang pria Indonesia berusia 20-an telah hilang selama dua tahun, pria tersebut tinggal di Kota Konosu, Prefektur Saitama, sebelah utara Tokyo.

Berikut beberapa fakta meninggalnya WNI di Jepang.

1. Luka di bagian kepala korban

Berdasarkan hasil penyelidikan sementara, pihak kepolisian menemukan bahwa pria tersebut hilang pada Desember 2021 setelah makan bersama ketiga pelaku. Menurut polisi, ada luka di bagian kepala korban.

Baca Juga: 3 WNI Jadi Korban Kapal Tanker Minyak Meledak di Hong Kong

Kendati demikian, mereka belum mengungkapkan apakah ketiga pelaku telah mengakui atau menyangkal tuduhan tersebut.

2. Mayat hilang selama dua tahun

Dilansir dari Suara.com jaringan Telisik.id, korban dilaporkan hilang pada Desember 2021 setelah makan dan minum di sebuah apartemen bersama tiga terduga pelaku. Keempatnya diketahui bekerja di perusahaan yang sama.

Diduga jenazah korban telah disembunyikan sejak 2021, tetapi baru dibuang pada Maret lalu. Terkait laporan tersebut, Judha membenarkan adanya dugaan bahwa korban pembunuhan adalah WNI.

“KBRI Tokyo pernah mencatat adanya WNI yang dilaporkan hilang. Data WNI tersebut telah disampaikan kepada pihak kepolisian untuk penyelidikan lebih lanjut,” kata Judha Nugraha, Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri.

3. Pelaku diduga sama-sama WNI

Dilansir dari Tvone.com, tiga terduga pelaku diketahui tinggal di kota yang sama dengan korban yaitu di Kota Konosu, Prefektur Saitama. Ketiga terduga pelaku bernama Ahmad Saefudin (36), Suwanti (31), dan Dedi Sutiawan (33).

Baca Juga: Begini Kondisi 12 WNI Korban Penyekapan di Kamboja Usai Tiba ke Tanah Air

Ketiganya ditangkap polisi di Jepang karena dicurigai terkait dengan penemuan sesosok mayat pria di Prefektur Fukushima bulan lalu. Judha menambahkan, memang ada dugaan korban pembunuhan adalah WNI, menyusul adanya laporan kehilangan.

Adapun terkait tiga terduga pelaku yang ditangkap, KBRI Tokyo telah meminta akses kekonsuleran untuk bertemu dengan mereka.

"KBRI Tokyo telah meminta akses kekonsuleran untuk menemui para WNI dan lakukan pendampingan hukum," jelas Judha. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga