Deretan Mitos Kucing Hitam Sering Dikaitkan dengan Kesialan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 06 November 2023
0 dilihat
Deretan Mitos Kucing Hitam Sering Dikaitkan dengan Kesialan
Kucing telah menjadi hewan yang berpengaruh sejak peradaban di dunia dimulai. Misalnya saja di Mesir kuno di mana kucing dianggap sebagai simbol ketuhanan. Foto: Repro Ruparupa.com

" Salah satu mitos yang masih dipercaya oleh sebagian orang adalah mitos kucing hitam. Kehadiran kucing hitam diyakini memiliki kekuatan misterius "

KENDARI, TELISIK.ID - Kucing telah menjadi hewan yang berpengaruh sejak peradaban di dunia dimulai. Misalnya saja di Mesir kuno, dimana kucing dianggap sebagai simbol ketuhanan.

Salah satu mitos yang masih dipercaya oleh sebagian orang adalah mitos kucing hitam. Kehadiran kucing hitam diyakini memiliki kekuatan misterius.

Namun, beberapa orang menyebut bahwa kucing hitam adalah jelmaan penyihir, pembawa sial, hingga pembawa keberuntungan. Tak jarang, ada juga yang mengaitkan kucing hitam dengan hal mistis.

Berikut mitos tentang kucing hitam yang dipercaya di beberapa negara, termasuk Indonesia, dikutip dari Kompas.com dan liputan6.com:

1. Peliharaan pembantu dewi

Kucing juga muncul dalam mitologi Yunani dan digambarkan sebagai hewan peliharaan yang membantu dewi. Namun pada abad ke-13, kucing hitam mulai dikaitkan dengan ilmu gaib. Catatan yang membahas tentang itu ditemukan dalam dokumen resmi gereja 'Vox in Rama' yang dikeluarkan oleh Paus Gregorius IX pada 13 Juni 1233.

Baca Juga: Ini Fakta Ilmiah Mengapa Mata Kucing Menyala di Tempat Gelap

Dekrit awalnya dirancang untuk menghancurkan aliran sesat yang berkembang di Jerman namun juga menandai dimulainya perburuan penyihir. Kucing dan penyihir pun dianggap sebagai ancaman bagi gereja Kristen awal.

2. Dianggap nasib sial

Beberapa masyarakat Indonesia sering mengaitkan kucing hitam dengan kesialan dan pertanda nasib buruk. Sementara di Italia, orang sakit yang didatangi kucing hitam dipercaya akan cepat meninggal. Kepercayaan itu berkembang pada abad ke-16. Lain lagi dengan di Amerika yang memiliki mitos bahwa kucing hitam yang datang ke pemakaman merupakan pertanda akan ada satu orang lagi yang meninggal.

3. Kucing hitam sebagai pembawa keberuntungan

Dalam kebudayaan Mesir Kuno, kucing hitam yang dianggap sebagai jelmaan dewi pun kemudian berkembang menjadi mitos lain. Mereka kemudian menganggap kucing hitam sebagai simbol keberuntungan dan kekayaan.

Hal serupa juga terjadi di Skotlandia. Mereka percaya kehadiran kucing hitam di depan rumah merupakan tanda bahwa rumah tersebut akan diberikan kemakmuran dan rezeki melimpah.

Baca Juga: Ini Alasan Kucing Bertingkah Aneh

Sementara itu, kehadiran kucing hitam di Jepang justru menjadi suatu hal yang paling ditunggu. Mereka percaya jika seseorang melihat kucing hitam tanpa sengaja, maka itu merupakan pertanda jodoh yang akan datang sebentar lagi.

4. Pertanda buruk

Eropa abad pertengahan juga percaya bahwa setan dan penyihir mampu berwujud kucing hitam. “Ini membuat orang saat itu berpikir seekor kucing hitam yang melintasi Anda mungkin sedang menjalankan misi dari penyihir,” kata Phoebe Millerwhite, seorang penulis cerita rakyat dan seniman.

"Bisa jadi itu adalah iblis yang menyamar dan tidak ada seorang pun yang mau berpapasan dengan iblis. Ini menjelaskan mengapa kucing hitam yang melintasi jalan Anda dianggap pertanda buruk,” tambah Millerwhite. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga