Desa Wisata Sombano Wakatobi Raih Penghargaan di Ajang Trisakti Tourism Award

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Jumat, 27 Agustus 2021
0 dilihat
Desa Wisata Sombano Wakatobi Raih Penghargaan di Ajang Trisakti Tourism Award
Bupati Wakatobi Haliana saat menerima penghargaan di ajang Trisakti Tourism Award sebagai juara ketiga kategori desa wisata berbasis alam. Foto: Ist.

" Penyerahan penghargaan disiarkan melalui live streaming yang diikuti oleh 242 Desa Wisata Maju dan Desa Wisata Mandiri di Indonesia. "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Desa Sombano di Wakatobi meraih penghargaan dalam ajang Trisakti Tourism Award yang digelar DPP PDI Perjuangan.

Penyerahan penghargaan disiarkan melalui live streaming yang diikuti oleh 242 Desa Wisata Maju dan Desa Wisata Mandiri di Indonesia.

Ketua DPP PDI-P Bidang Pariwisata, Wiryanti Sukamadani mengatakan bahwa pihaknya juga ingin mengapresiasi pemerintah yang berkomitmen dalam pembangunan kepariwisataan. Selain itu, mendorong Pemda mengoptimalkan dana desa pada desa yang memiliki potensi alam, budaya, ekonomi kreatif untuk dijadikan destinasi wisata.

“Seperti yang diamanatkan oleh Bung Karno bahwa desa merupakan salah satu benteng pertahanan negara. Kebijakan dan program pembangunan mesti menitikberatkan pada pemberdayaan desa, serta pembangunan Indonesia haruslah dimulai di desa,” ungkap Wiryanti Sukamadani saat memberikan sambutan pada live streaming

Pada ajang ini Wakatobi memperoleh penghargaan kategori desa wisata special recognition (pengakuan khusus) dan juara ketiga kategori desa wisata berbasis alam diberikan kepada desa wisata Sombano di Pulau Kaledupa.

Baca juga: 21 Rumah Warga Tojo Una-Una Dilaporkan Rusak Akibat Gempa M5,8

Baca juga: Seniman Asal Baubau Buat Mural Anak Bermata Biru

"Saya Sangat berterima kasih kepada kepala desa dan masyarakat Desa Sombano, seluruh masyarakat Wakatobi, tim media kreatif dan berbagai pihak yang mendukung hingga kita meraih penghargaan ini,” ungkap Bupati Wakatobi, Haliana.

Haliana mengatakan bahwa potensi wisata alam dan budaya, kuliner dan ekonomi kreatif harus selalu dikembangkan agar bisa bermanfaat.

Hal yang sama turut disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Wakatobi, Nadar. Menurutnya, desa wisata merupakan masa depan pariwisata Indonesia. Dirinya juga mengapresiasi penggiat lingkungan dan pembina desa wisata.

"Sukses untuk tim kreatif Desa Sombano di ajang trisakti award. Kerja kreatif yang sangat membanggakan. Bukti bahwa para pelaku kreatif di subsektor fotografi, videografi, film dan animasi Wakatobi hebat-hebat. Sombano dan Liya Togo juaranya tahun ini," ungkap Nadar, Jumat (27/8/2021).

Diketahui dalam ajang tersebut terdapat empat kategori yang diperebutkan. Yaitu desa wisata berbasis alam, desa wisata berbasis budaya, desa wisata berbasis kreatif, dan desa wisata berbasis kuliner.

Kemudian, terdapat dua penghargaan baru yakni ‘special recognition desa wisata’ serta ‘special recognition kepedulian upaya terhadap sektor pariwisata’. (A)

Reporter: Boy Candra Ferniawan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga