Detik-detik Gempa Turki Terasa hingga Mesir, 500 Orang Tewas sampai Gedung Roboh

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 06 Februari 2023
0 dilihat
Detik-detik Gempa Turki Terasa hingga Mesir, 500 Orang Tewas sampai Gedung Roboh
Tangkapan layar sebuah gedung tinggi di Turki yang roboh dalam hitungan detik saat terjadi gempa M 7,4 pada Senin, (6/2/2023). Foto: Beritasatu

" Gempa dahsyat dengan magnitudo 7,8 mengguncang Turki bagian selatan, Senin (6/2/2023) "

ISTANBUL, TELISIK.ID - Gempa dahsyat dengan magnitudo 7,8 mengguncang Turki bagian selatan, Senin (6/2/2023).

Akibatnya hampir 500 orang diperkirakan tewas tertimpa reruntuhan gedung. Korban tewas tak hanya di Turki melainkan negara lain yang bertetangga dan merasakan gempa. Di antaranya Suriah dan Mesir.

"Kami berharap dapat melewati bencana ini bersama-sama secepat mungkin dan dengan kerusakan yang paling sedikit," kata Presiden Recep Tayyip Erdogan dilansir dari CNBCIndonesia.com.

Baca Juga: Pray For Turkey Tranding di Twitter, Bandara Terbelah Dua Respon Erdogan dan Putin Mengejutkan

Hingga kini, ribuan bangunan termasuk gedung apartemen dan perkantoran dilaporkan runtuh. Pihak berwenang pun memprediksi jumlah korban tewas kemungkinan masih akan banyak bertambah lantaran banyak orang hilang yang diduga masih terjebak reruntuhan.

Di Turki, proses evakuasi puing-puing reruntuhan dan penyelamatan juga terhambat oleh badai salju musim dingin yang menutupi jalan-jalan utama dengan es dan salju.

Tayangan televisi menunjukkan masyarakat di wilayah terdampak gempa syok di Turki berdiri di atas salju dengan baju tidur mereka sambil menyaksikan penyelamat menggali puing-puing rumah yang rusak. Sebab, gempa terjadi sekitar pukul 04.00 dini hari ketika mayoritas warga masih tertidur lelap.

Baca Juga: Bill Gates Tegur Elon Musk Habiskan Uang di Planet Mars

Selain itu dilansir dari Beritasatu.com Sebuah video memperlihatkan gedung sepuluh lantai tiba-tiba roboh menjadi puing-puing ketika gempa Turki.

Gedung yang roboh hanya dalam hitungan detik itu terekam video yang kemudian diunggah oleh salah satu kantor berita di Turki, Ilke Haber Ajansi atau Ilkha melalui akun media sosialnya.

Robohnya gedung itu tampaknya terjadi pada awal gempa yang berkuatan sangat besar, yakni sampai M 7,4. Hal ini didasarkan pada situasi lokasi yang masih gelap. Otomatis diperkirakan orang sedang tidur di dalamnya. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga