Diduga Bom Peninggalan Perang Dunia II Ditemukan Buruh Bangunan di Kota Kendari

La Ode Andi Rahmat, telisik indonesia
Selasa, 04 April 2023
0 dilihat
Diduga Bom Peninggalan Perang Dunia II Ditemukan Buruh Bangunan di Kota Kendari
Penemuan bom didiga sisa perang dunia II oleh burih di Kota Kendari. Foto: Ist.

" Dua buruh bangunan temukan benda diduga bom peninggalan perang dunia dua, benda tersebut ditemukan di Kompleks Perumahan The Villas Kelurahan Wundudopi Kecamatan Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (4/4/2023) sekitar pukul 10.45 Wita "

KENDARI, TELISIK.ID - Dua buruh bangunan temukan benda diduga bom peninggalan perang dunia dua, benda tersebut ditemukan di Kompleks Perumahan The Villas Kelurahan Wundudopi Kecamatan Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (4/4/2023) sekitar pukul 10.45 Wita.

Benda tersebut ditemukan lelaki Aco (32) dan Agung (32) yang sementara melakukan penggalian tanah untuk cakar ayam bangunan rumah.

Kapolresta Kendari, Kombes Pol Muh Eka Fathurrahman mengatakan, awalnya sekitar pukul 10.45 Wita, Aco dan Agung sedang menggali tanah pada kedalaman dua meter untuk pondasi cakar ayam bangunan perumahan The Villaa.

Baca Juga: Anda ASN dan Pekerja Swasta? Ini Besaran Nominal THR 2023

"Saat sedang menggali tiba-tiba menemukan benda berupa besi yang diduga bom," terang Eka Fathurrahman.

Lantas Aco dan Agung melaporkan benda temuannya tersebut kepada mandor mereka, Tolo, lalu menyampaikan pada pengawas Salim.

Setelah mendapat informasi dari anak buahnya, selanjutnya Salim berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas Kelurahan Wundudopi, Aipda Yosef Dammanto.

Anggota Bhabinkamtibmas yang mendapat laporan kemudian melaporkan kepada Kapolsek Baruga, untuk dilakukan pengamanan tempat di temukannya benda tersebut.

"Sekitar pukul 11.30 Wita Kapolsek Baruga tiba di lokasi penemuan, selanjutnya mengamankan lokasi penemuan," lanjut Eka Fathurrahman.

Pukul 12.00 Wita, tim penjinak bom Brimob Polda Sulawesi Tenggara yang dipimpin oleh Wadanden Gegana Brimobda, AKP I Made Edi tiba di Lokasi penemuan Bom selanjutnya melakukan sterilisasi lokasi.

Sekitar pukul 12.40 Wita benda yang diduga bom tersebut diangkat dari dalam galian pondasi selanjutnya dilakukan pembersihan dan pengecekan kondisi bom.

"Benda yang ditemukan berupa Bom curah yang diduga berasal dari Pesawat perang Dunia II ukuran bom diameter 20 Cm panjang 104 Cm," beber Eka Fathurrahman.

Setelah dilakukan koordinasi disepakati benda yang diduga bom tersebut akan segera dimusnahkan, selanjutnya sekitar pukul 13.00 Wita. Kapolsek Baruga bersama Kasat Intelkam dan tim Jibom mengecek lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat pemusnahan (Disposal) bom di Homebase Lepolepo, Kelurahan Abeli Dalam dan Kelurahan Anggalo Melai Kecamatan Abeli.

Baca Juga: April Telah Tiba, Ini Daftar Tontonan Terbaru di Bioskop

Bom dievakuasi menggunakan mobil Patroli Polsek Baruga kemudian diamankan di Mapolsek Baruga sambil menunggu hasil survey lokasi pemusnahan. Sekitar pukul 15.40 Wita Bom dievakuasi menuju Kelurahan Anggalomelai, Kecamatan Abeli untuk dilakukan pemusnahan (Disposal). Sekitar pukul 17.05 Wita Pemusnahan (Disposal) dilakukan.

Sementara berdasarkan video yang diterima Telisik.id durasi 44 detik, tampak lokasi pemusnahan bom dilakukan di area yang jauh dari penduduk, lantas salah seorang petugas memberi himbauan agar masyarakat tidak kaget saat mendengar ledakan pemusnahan.

"Dihimbau kepada masyarakat agar tidak kaget mendengar ledakan pemusnahan bom," imbau salah seorang anggota Brimob menggunakan pengeras suara. (B)

Penulis: La Ode Andi Rahmat

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga