Kakanwil Sultra Pastikan Asupan Gizi WBP Terpenuhi di Rutan Kendari

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 23 September 2024
0 dilihat
Kakanwil Sultra Pastikan Asupan Gizi WBP Terpenuhi di Rutan Kendari
Kunjungan Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara di Rutan Kelas IIA Kendari, pastikan asupan gizi WBP. Foto: Ist.

" Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara, Silvester Sili Laba, melakukan kunjungan ke Rutan Kelas IIA Kendari untuk memastikan seluruh warga binaan menerima hak-hak mereka sesuai dengan aturan yang berlaku "

KENDARI, TELISIK.ID – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tenggara, Silvester Sili Laba, melakukan kunjungan kerja ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Kendari pada Senin (23/9/2024).

Kunjungan ini bertujuan untuk memastikan seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) menerima hak-hak mereka sesuai dengan aturan yang berlaku, khususnya terkait pemenuhan asupan gizi yang memadai.

Dalam kunjungan tersebut, Kakanwil didampingi oleh Kepala Rutan Kendari, Herianto, serta jajaran staf Rutan. Silvester mengawasi secara langsung proses pembagian makanan bagi WBP, memastikan kualitas dan kuantitas makanan yang diberikan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Demi mengetahui secara langsung mutu makanan, Kakanwil mencicipi hidangan yang disajikan untuk warga binaan.

"Kami ingin memastikan bahwa seluruh WBP mendapatkan makanan yang tidak hanya layak secara kuantitas, tetapi juga memenuhi standar gizi yang baik. Ini adalah hak mereka dan sudah menjadi kewajiban kami untuk menjamin hal itu," ujar Kakanwil.

Selain melakukan inspeksi makanan, Kakanwil juga berinteraksi secara humanis dengan beberapa WBP. Ia berdialog mengenai kondisi kesehatan, kenyamanan selama menjalani masa tahanan, serta situasi keluarga mereka di luar. Hal ini menjadi bagian dari pendekatan hospitality yang diterapkan oleh Kakanwil untuk meningkatkan kesejahteraan WBP.

Baca Juga: Kakanwil Kemenkumham Raih Sultra Award 2024 Berkat Layanan Inovatif

Setelah berkomunikasi dengan para WBP, Silvester kembali melakukan pengecekan di dapur Rutan dan memberikan arahan kepada petugas dapur untuk selalu menjaga kebersihan dan kualitas makanan.

"Makanan yang diberikan kepada WBP harus bersih, terjaga nutrisinya, dan jumlahnya sesuai dengan kebutuhan. Pendekatan kita kepada warga binaan harus dilakukan dengan hati yang tulus dan penuh rasa kemanusiaan,” tambahnya.

Usai pengecekan, Kakanwil memimpin apel pagi bersama seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Sultra melalui Zoom Meeting yang dilaksanakan di Rutan Kendari. Dalam arahannya, Silvester mengapresiasi Kepala Divisi Pemasyarakatan atas komitmennya dalam meningkatkan kualitas pelayanan bagi WBP, khususnya terkait penyediaan makanan.

"Terima kasih kepada seluruh jajaran Pemasyarakatan di Rutan Kendari. Kalian telah memberikan pelayanan yang sangat baik, humanis, dan penuh dedikasi. Porsi makanan yang cukup dan kualitas yang baik adalah bagian dari perhatian kita kepada WBP, sesuai arahan langsung dari Menkumham RI,” ungkap Silvester.

Ia juga menegaskan bahwa pemenuhan asupan gizi bagi WBP harus terus dijaga, mengingat pentingnya kesehatan dan kesejahteraan mereka meskipun sedang berada di balik jeruji besi.

"Meskipun mereka berada di dalam penjara, hak mereka untuk mendapatkan makanan dan minuman yang layak harus tetap dipenuhi demi kesejahteraan selama masa penahanan," tutupnya.

Kunjungan ini menjadi salah satu wujud komitmen Kakanwil Kemenkumham Sultra dalam memastikan pelayanan yang baik dan humanis bagi WBP, khususnya terkait pemenuhan hak-hak dasar mereka.

Baca Juga: Supratman Tegaskan Kemenkumham Selalu Berikan Pelayanan Terbaik kepada Masyarakat

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas IIA Kendari, Herianto, mengucapkan terima kasih kepada Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara, Silvester Sili Laba, atas kunjungannya dalam rangka memastikan pemenuhan hak-hak WBP, khususnya terkait asupan gizi yang layak.

Lanjut Herianto, kunjungan ini menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, baik dari segi makanan maupun aspek lainnya, demi kesejahteraan warga binaan.

"Arahan dan perhatian Kakanwil sangat berarti bagi kami dalam menjalankan tugas dengan lebih baik, humanis, dan penuh dedikasi," ucapnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga