Dikbud Konawe Gelar Coaching Clinic Perencanaan Berbasis Data Semua Jenjang Pendidikan

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 20 Juli 2023
0 dilihat
Dikbud Konawe Gelar Coaching Clinic Perencanaan Berbasis Data Semua Jenjang Pendidikan
Dikbud Konawe gelar CCPBD di setiap jenjang pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan yang berkesinambungan. Foto: Ist.

" Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Konawe, menggelar Coacing Clinic Perencanaan Berbasis Data (CCPBD) satuan pendidikan jenjang TK, SD, SMP, SMA/SMK negeri/swasta "

KONAWE, TELISIK.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Konawe, menggelar Coacing Clinic Perencanaan Berbasis Data (CCPBD) satuan pendidikan jenjang TK, SD, SMP, SMA/SMK negeri/swasta.

Kabid Dikdas Dikbud Konawe, Lalan Hendrawan mengungkapkan, kegiatan CCPBD melalui pemanfaatan raport pendidikan, dilaksanakan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan yang berkesinambungan.

"Terkhusus di Kabupaten Konawe kita akan terus tingkatkan mutu pendidikan kita," ujarnya, Kamis (20/7/2023).

Ia berharap, setiap satuan pendidikan dapat melakukan transformasi pendidikan dalam kerangka implementasi kurikulum merdeka belajar, melalui perencanaan kegiatan sekolah dan pembelanjaan anggaran sekolah yang efektif dan akuntabel dengan menyesuaikan kebutuhan sekolah itu sendiri.

Baca Juga: Diskominfo Konawe Tingkatkan Penguatan Kapasitas PPID Utama dan Pembantu

“Karena dengan perencanaan kegiatan yang berbasis data, maka satuan pendidikan dan tenaga pendidik dapat mengidentifikasi akar masalah, melakukan refleksi dengan menganalisis data dalam rapor pendidikan," ungkap Lalan Hendrawan.

Selain itu, lanjut Lalan Hendrawan, melakukan evaluasi untuk dijadikan sebagai dasar perencanaan yang tepat dan akurat sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan.

Terpisah, Kasi Kurikulum Dikbud Konawe, Risaldin mengungkapkan, hasil yang diharapkan dari kegiatan coaching clinic kepada satuan pendidikan, yakni dapat mengakses dan memanfaatkan raport pendidikan dalam perencanaan berbasis data.

Lanjut Risakdin, juga dapat melakukan implementasi terhadap program sekolah penggerak, kurikulum merdeka, dan pemanfaatan ARKAS dalam pengelolaan dana BOS.

Baca Juga: Pemda Konawe Usul Rp 208 Miliar Anggaran Pilkada 2024

“Kami berharap para kepala sekolah dapat betul-betul memahami apa yang sudah dijelaskan oleh pendamping dan bisa bermanfaat di sekolah masing-masing,” ujarnya.

Unyuk diketahui kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari yang dimulai pada 17-21 Juli 2023, di Aula Dikbud Konawe dengan jumlah peserta yang hadir dalam kegiatan jenjang pendidikan TK sebanyak 177, SD 277, SMP 68 dan SMA/SMK 28. Masing-masing kepala sekolah diwajibkan hadir dalam kegiatan bersama bendahara.

Serta tim pendampingan dan yang fasilitasi dalam kegiatan CCPBD ini terdiri dari Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Sulawesi Tenggara, Tim Project Management Office (PMO) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Konawe, Ketua MKKS SMP, Kordinator Pengawas dan Tim PMO=Kabid Dikdas Lalan Hendrawan, Kepala Seksi Kurikulum Risaldin dan Kasubag Perencanaan Irmawansah. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga