UMKM Dapat Bantuan Modal Usaha, Alat Perbengkelan dan Pertukangan dari Pemda Konawe

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 27 Oktober 2022
0 dilihat
UMKM Dapat Bantuan Modal Usaha, Alat Perbengkelan dan Pertukangan dari Pemda Konawe
Bupati Konawe KSK saat penyerahan hibah alat perbengkelan dan pertukangan kepada pihak UMKM. Foto: Ist.

" Bantuan yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Konawe ini berlangsung di Kantor Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop) Kabupaten Konawe "

KONAWE, TELISIK.ID – Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (KSK) bersama anggota DPRD Konawe menyerahkan bantuan hibah alat perbengkelan dan pertukangan kepada badan nirlaba sukarela yang bersifat sosial kemasyarakatan.

Bantuan yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Konawe ini berlangsung di Kantor Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop) Kabupaten Konawe.

Dalam sambutannya KSK menyatakan, Pemerintah Kabupaten Konawe dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat dan produktivitas penduduk setempat yang berkelanjutan dengan memanfaatkan potensi sumber daya dan teknologi setempat.

KSK mengungkapkan, tanggung jawab pemda dalam menyelenggarakan kesejahteraan sosial antara lain mengalokasikan anggaran untuk penyelenggaraan kesejahteraan sosial dalam APBD.

"Selain itu memberikan bantuan sosial kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai stimulan kepada masyarakat," tambahnya.

Baca Juga: Ribuan Guru Honorer di Kolaka Utara Didaftarkan BPJS Ketenagakerjaan

Dengan bantuan ini, KSK berharap pelaku UMKM dapat manambah modal usaha ekonomi produktif dan meningkatkan penghasilan agar tingkat sosial ekonominya menjadi lebih baik.

"Dan yang terpenting bisa merubah pola pikir dan sikap mental keluarga dari ketergantungan atau pola hidup yang konsumtif menjadi mandiri dan produktif," tegasnya.

Bantuan hibah yang diberikan berupa dana atau uang tunai serta peralatan pertukangan dan perbengkelan.

“Saya berharap kepada para penerima bantuan agar benar-benar dapat memanfaatkan dan sebagai motivasi kepada organisasi sosial kemasyarakatan di Kabupaten Konawe untuk meningkatkan kemandirian dalam mewujudkan pembangunan di bidang kesejahteraan sosial,” tambahnya.

Sementara itu, Kadis Perindagkop Konawe, Muh Nur menjelaskan, tujuan pemberian bantuan bagi Pelaku UMKM tidak lain untuk meningkatkan rasio pelaku UMKM yang kreatif, inovatif, serta produktif.

Baca Juga: Rapat Persiapan Porprov Ricuh, Ketua KONI Tinggalkan Ruang Rapat

Dikatakan, penerima bantuan ini ada 20 kelompok pelaku UMKM, di antaranya 12 kelompok penerima bantuan dalam bentuk dana dan atau uang tunai. Masing-masing kelompok mendapatkan Rp 20 juta yang berasal dari Kecamatan Uepai tiga kelompok, Lambuya tiga kelompok, kemudian Onembute lima kelompok dan Kecamatan Puriala satu kelompok.

Selanjutnya, empat kelompok penerima bantuan alat pertukangan kayu berasal dari Kecamatan Wonggeduku tiga kelompok dan satu kelompok dari Unaaha.

Diketahui, penyerahan bantuan disaksikan oleh pimpinan OPD, anggota DPRD Konawe, Made Asmaya, dan Abd Ginal Sambari. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga