Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Kendari Raih Juara di Ajang MTQMN

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Senin, 31 Juli 2023
0 dilihat
Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Kendari Raih Juara di Ajang MTQMN
Penyerahan piala dan hadiah kepada Aisyah, mahasiswa Poltekkes Kemenkes Kendari di ajang MTQMN. Foto: Ist.

" Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Kendari Jurusan Kebidanan, berhasil meraih juara tiga pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur'an Mahasiswa Nasional (MTQMN) di Jakarta "

KENDARI, TELISIK.ID - Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Kendari Jurusan Kebidanan, berhasil meraih juara tiga pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur'an Mahasiswa Nasional (MTQMN) di Jakarta.

Mahasiswa semester lima Poltekkes Kemenkes Kendari, Aisyah mengatakan, lomba yang dia ikuti merupakan lomba MTQMN Poltekkes se-indonesia. Lomba ini berkaitan dengan Al-Quran, seperti musabaqah tartil Qur’an, musabaqah tilawatil Qur’an, musabaqah hifdzil Qur’an 3, 5, dan 10 juz, musabaqah karya tulis ilmiah Al-Qur'an, dan lain sebagainya.

“Saya mengikuti cabang lomba musabaqah hifdzil Qur'an 3 juz, dengan jumlah peserta 17 Poltekkes dari seluruh Indonesia, seperti Poltekkes Kemenkes Jakarta 1, Poltekkes Kemenkes Jakarta 2, Poltekkes Kemenkes Jakarta 3, Poltekkes Kemenkes Medan, Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur, Poltekkes Kemenkes Pangkal Pinang, Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya, Poltekkes Kemenkes Bandung, dan lain sebagainya," jelas Aisyah.  

Dalam kegiatan bertema menjadikan Al-Qur'an sebagai spirit generasi muslim yang inovatif, dan berakhlak mulia di era 4.0 tersebut, Aisyah berhasil meraih juara tiga dan mendapatkan piala, sertifikat dan uang pembinaan. Ia berharap, ke depannya dapat membawa nama baik kampus dan orang tua lebih baik lagi. Dia berharap kegiatan mahasiswa seperti ini bisa selalu mendapatkan dukungan baik dalam bentuk materi maupun non materi, seperti Poltekkes Kemenkes Kendari yang selalu mendukung kegiatan mahasiswanya.

Baca Juga: Lolos Seleksi Kabupaten, Pelajar Smager Reo Ikut Kompetisi OSN Tingkat Provinsi

Sementara itu, Sub Bagian Kemahasiswaan Prodi Keperawatan Buton, La Kuru mengungkapkan,   Poltekkes Kemenkes Kendari melakukan pemilihan mahasiswa yang memiliki bakat dan minat dalam setiap jenis lomba. Dengan cara membagikan brosur lomba di setiap jurusan seperti Keperawatan, Kebidanan, Teknologi laboratorium Medis, dan Gizi.

Dengan metode tersebut, Poltekkes Kemenkes Kendari dapat mengikuti 3 ajang lomba, pertama musabaqah tartil Qur'an dari Jurusan Prodi Keperawatan Buton yaitu Nadia Turqohma, kedua  musabaqah karya tulis ilmiah Qur'an diikuti 2 peserta dari Jurusan Keperawatan Kendari yakni Johan Tirta dan Putri Rizki Amelia, ketiga musabaqoh hifdzil Qur’an terdiri 2  ajang lomba yang diikuti yakni hafalan 5 juz diikuti oleh Jurusan Keperawatan Kendari atas nama Annisa Rodhiah dan hafalan 3 juz diikuti Jurusan Kebidanan atas nama Aisyah dan berhasil masuk babak final.

Baca Juga: 3 Mahasiswa UHO Kendari jadi Pemenang LKTI yang Diadakan Universitas Pattimura

"Alhamdulillah Poltekkes Kemenkes Kendari meraih juara 3 pada lomba hafalan Al-Qur'an 3 juz," jelasnya.

Ia menambahkan, penyelenggaraan MTQMN baru tahun kedua. Pada tahun pertama, Poltekkes Kemenkes Kendari belum dapat membawa piala dan tahun ini Poltekkes Kemenkes Kendari sudah mulai menunjukkan kemampuannya di ajang lomba bernilai Religi ini.

Kedepannya mahasiswa yang ikut lomba dan belum berhasil, diharapkan pantang menyerah dan tetap berikrar akan meraih piala lebih banyak lagi di tahun depan. (B)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga