Edukasi Berkualitas, Langkah Positif SMA dalam Rangka Peningkatan Pendidikan di Sulawesi Tenggara

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Jumat, 15 Desember 2023
0 dilihat
Edukasi Berkualitas, Langkah Positif SMA dalam Rangka Peningkatan Pendidikan di Sulawesi Tenggara
SMA Negeri 2 Raha memberi ruang kepada siswa untuk meningkatkan kemampuannya. Foto: Ist.

" Kerja sama antara SMA dan Dikbud Sulawesi Tenggara mencakup sejumlah inisiatif strategis. Salah satunya adalah pengembangan Kurikulum Merdeka yang sesuai dengan perkembangan zaman "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam upaya meraih kualitas pendidikan yang optimal, Sekolah Menengah Atas (SMA) di Sulawesi Tenggara menjalankan langkah positif dengan bersinergi erat bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) setempat. Edukasi berkualitas menjadi fokus utama dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di wilayah tersebut.

Kerja sama antara SMA dan Dikbud Sulawesi Tenggara mencakup sejumlah inisiatif strategis. Salah satunya adalah pengembangan Kurikulum Merdeka yang sesuai dengan perkembangan zaman. Kurikulum ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam kepada siswa tentang ilmu pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai kehidupan yang diperlukan dalam menghadapi tantangan global.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara, Yusmin. Foto: Ist.

 

Selain itu, kerja sama ini melibatkan pelatihan intensif bagi para guru agar dapat mengimplementasikan metode pengajaran terbaru dan memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran. Dikbud Sulawesi Tenggara juga memberikan dukungan dalam penyediaan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai guna menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.

Kadis Dikbud Sulawesi Tenggara, Yusmin menyampaikan, ke depannya ia tidak ingin guru-guru di Sulawesi Tenggara standarnya hanya lokal saja, harus bisa berbicara di tingkat nasional maupun internasional.

Baca Juga: Dikbud Sulawesi Tenggara akan Gelar Pelatihan Guru Produktif SMK

Baca Juga: Kepala Dikbud Sulawesi Tenggara Dorong Sesama Guru Jangan Pelit Ilmu untuk Pengembangan Pendidikan

‘’Guru dapat mengikuti organisasi TLC Sultra. Di TLC Sultra para guru bisa mendapatkan ilmu terkait dengan mekanisme pembelajaran hingga skill pembelajaran. Bahkan dapat meningkatkan kualitas guru, sehingga bisa ditularkan ke sesama guru lainnya dan nantinya dapat bermuara pada prestasi siswa,’’ jelasnya.

Kolaborasi antara Dikbud Sultra dan SMA menciptakan beberapa kegiatan yang menunjang kemajuan pendidikan. Foto: Repro Kendaripos

 

Selain itu, Kepala SMA Negeri 2 Parigi, La Koma menyampaikan bahwa saat ini guru sudah dipermudah dengan Platform Merdeka Mengajar yang di dalamnya terdapat pelatihan mandiri untuk guru agar bisa meningkatkan pembelajaran pada siswa.

Ia berharap langkah yang dijalani oleh para guru-guru SMA dapat meningkatkan pendidikan yang dinamis. (B-Adv)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga