Dinas PUPR Kolaka Utara Investigasi Kerusakan Fasilitas Umum

Muh. Risal H, telisik indonesia
Jumat, 18 Desember 2020
0 dilihat
Dinas PUPR Kolaka Utara Investigasi Kerusakan Fasilitas Umum
Aktivitas pembersih materil lumpur dan kayu oleh Dinas PUPR, Damkar dan pihak kepolisian. Foto: Muh Risal/Telisik

" Setelah itu pihak Dinas Kebakaran akan melakukan penyemprotan agar lumpur yang terbawa air tadi malam saat banjir tidak menggenangi jalan. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Akibat banjir bandang yang menerjang enam desa di Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) pada Kamis (17/12/2020) malam, menyebabkan sebagian fasilitas umum dan fasilitas masyarakat di enam desa tersebut rusak parah.

Atas kejadian tersebut Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kolut bekerjasama dengan Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial (Dinsos) dan Polres Kolut akan melakukan investigasi dan pendataan kerusakan fasilitas umum dan fasilitas masyarakat.

Menurut Kepala Dinas PUPR Kolut, Mukramin, SE.,MM, hal tersebut perlu dilakukan agar instansi terkait memiliki kesamaan data.

"Untuk selanjutnya dijadikan rujukan dalam melakukan pembenahan atas kerusakan yang ditimbulkan banjir bandang tersebut," kata Kadis PUPR saat ditemui di sela-sela aktivitas pembersih akses jalan Trans Sulawesi, Jumat (18/12/2020).

Sebagai langkah awal, lanjut dia, saat ini pihaknya melakukan pembersihan jalan Poros Trans Sulawesi tepatnya di sekitar jembatan Batu Ganda dari material kayu dengan menggunakan alat berat.

Baca juga: Korban Banjir Bandang di Kolaka Utara Mulai Kekurangan Logistik

"Setelah itu pihak Dinas Kebakaran akan melakukan penyemprotan agar lumpur yang terbawa air tadi malam saat banjir tidak menggenangi jalan," terangnya.

Untuk akses jalan menuju Desa Batu Ganda Permai yang rusak parah, pihaknya nanti akan rapatkan dengan pimpinan, BPBD dan Polres. Melalui rapat tersebut akan kita tentukan upaya yang akan dilakukan untuk pembenahan akses yang rusak tersebut.

"Secepatnya kami akan rapatkan bersama pimpinan, BPBD dan Polres," pungkasnya.

Sampai saat ini, berdasarkan pantauan Telisik.id di jalan poros Trans Sulawesi tepatnya jembatan batu ganda yang tadi terendam air bercampur material kayu masih dalam proses pembersihan oleh Dinas PUPR, Dinas Kebakaran dan sebagian personel Polres Lasusua. (B)

Reporter: Muh. Risal

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga