Dinkes Sulawesi Tenggara Rutin Gelar Tes Kebugaran ASN

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 20 Juli 2023
0 dilihat
Dinkes Sulawesi Tenggara Rutin Gelar Tes Kebugaran ASN
Kantor Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara melakukan tes kebugaran bagi ASN untuk mengingatkan seluruh pegawai agar tidak hanya fokus pada pekerjaan, tetapi juga menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Foto: Fitrah/Telisik

" Tes kebugaran ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kesadaran dan pentingnya menjaga kesehatan, khususnya kalangan ASN di berbagai OPD "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu agenda rutin yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Tenggara adalah tes kebugaran bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Organiasai Perangkat Daerah (OPD) tingkat provinsi.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Sulawesi Tenggara, Muhammad Ridwan mengatakan, tes kebugaran ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kesadaran dan pentingnya menjaga kesehatan, khususnya kalangan ASN di berbagai OPD.

Kata dia, tes kebugaran yang dilakukan di OPD bertujuan untuk mengingatkan seluruh pegawai agar tidak hanya fokus pada pekerjaan, tetapi juga menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Dalam tes ini, tidak ada batasan umur, karena kondisi kebugaran tidak hanya terkait dengan usia.

“Jadi tidak ada batasan umur yang ikut tes kebugaran ini. Karena banyak kasus dimana anak muda juga mengalami penurunan kebugaran,” katanya kepada Telisik.id, belum lama ini.

Selain dilaksanakan di OPD, lanjut Muhammad Ridwan, tes kebugaran juga diimbau untuk dilakukan oleh masyarakat secara mandiri di fasilitas kesehatan terdekat, seperti rumah sakit atau puskesmas.

Baca Juga: Simak 7 Cara Jitu Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Dengan melakukan tes kebugaran secara rutin, tambah dia, masyarakat dapat memantau kondisi kesehatan mereka sendiri dan mengambil langkah-langkah preventif yang diperlukan.

“Hasil dari tes ini akan memberikan gambaran tentang tingkat kebugaran seseorang serta memberikan informasi tentang kondisi kesehatan yang perlu diperhatikan lebih lanjut,” ujarnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kesadaran yang lebih luas tentang pentingnya menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Dengan memiliki kebugaran yang baik, seseorang dapat meningkatkan produktivitas, menjaga stamina, dan mencegah risiko penyakit yang dapat mengganggu kualitas hidup.

“Tes kebugaran ini sudah kami lakukan di beberapa OPD tingkat provinsi. Dan sudah kami lakukan sejak dulu,” pungkasnya.

Baca Juga: Ratusan Calon Jemaah Haji Kota Baubau Tes Kebugaran Jasmani

Sebagai tambahan, dikutip dari pkmgamping2.slemankab.go.id, pada umumnya tes kebugaran adalah elemen dasar untuk menilai ketahanan dan kekuatan fisik seseorang. Melakukan tes kebugaran sangat baik untuk menilai sekaligus meningkatkan kinerja jantung, paru-paru dan otot.

Tes kebugaran juga dapat diartikan sebagai tes daya tahan kardiorespirasi, tes kekuatan dan fleksibilitas otot. Oleh karena itu, tes kebugaran ini dapat dijadikan faktor yang dapat menentukan derajat kesehatan seseorang.

Tes kebugaran bagi ASN bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jantung dan paru individu berdasarkan jenis kelamin dan kelompok umur, dengan tujuan meningkatkan kesehatan dan kebugaran untuk menunjang produktivitas karyawan. (B-Adv)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga