Dion, Remaja Difabel Wakil Baubau di Kompetisi Dai Spesial Indonesia

Ridwan Amsyah, telisik indonesia
Senin, 12 April 2021
0 dilihat
Dion, Remaja Difabel Wakil Baubau di Kompetisi Dai Spesial Indonesia
Dion Saputra, remaja difabel yang akan berkompetisi di ajang Dai Spesial Indonesia mewakili Kota Baubau. Foto: Ist.

" Saya belum pernah belajar dakwah dan tidak berpengalaman menjadi dai, namun saya mengikuti ini karena banyak yang beri semangat terutama keluarga terdekat. "

BAUBAU, TELISIK.ID - Remaja difabel asal Kota Baubau, Dion Saputra (14) akan berkompetisi di ajang Dai Spesial Indonesia mewakili Kota Baubau. Ajang Dai Spesial ini akan ditayangkan di INews selama bulan Ramadan.

Dari ratusan pendaftar yang merupakan anak berkebutuhan khusus dari seluruh Indonesia, selanjutnya melalui beberapa tahapan seleksi, akhirnya Dion berhasil meyakinkan tim seleksi dan dinyatakan lolos untuk mewakili Baubau di Jakarta.

Mengetahui bahwa dirinya lolos audisi sebagai salah satu dari 12 finalis di ajang Dai Spesial Indonesia, Dion pun merasa terkejut dan gugup.

Sebab Dion sendiri sejatinya belum pernah belajar secara khusus bagaimana retorika dakwah, namun akhirnya dia putuskan untuk mengikuti ajang ini berkat semangat dan dukungan dari orang sekitarnya.

Selain tentu saja hal terbesar yang memotivasinya adalah ingin membanggakan keluarga, meski terkadang ia merasa grogi karena takut salah.

Baca juga: Warga Baubau Tabrak Dua Pejalan Kaki di Kolut

“Saya belum pernah belajar dakwah dan tidak berpengalaman menjadi dai, namun saya mengikuti ini karena banyak yang beri semangat terutama keluarga terdekat,” ungkap Dion.

Meski belum pernah belajar sebelumnya, Dion mengaku selama ini sering mendengar ceramah dari para ulama melalui android miliknya.

Secara otodidak Dion mempelajari ilmunya, hingga satu ketika menjelang keberangkatannya ke Jakarta, Dion pun secara singkat belajar kepada ustad di sekitar rumahnya.

“Dalam berjuang mencari ilmu agama, saya selalu semangat. Dan jika butuh jawaban dari setiap persoalan, saya pun mendengar ceramah dari beberapa sumber, seperti Buya Yahya, Ustad Abdul Somad dan Ustad Adi Hidayat,” jelasnya.

Lebih lanjut, anak pertama dari Ibu Ita Irawati ini meminta doa dari seluruh masyarakat Kota Baubau agar bisa menampilkan yang terbaik.

Baca juga: Puluhan Nakes Gelar Aksi Demonstrasi, Tuntut Insentif Dibayarkan

Dion diketahui sebagai salah satu remaja tuna netra penghafal Al-Qur’an di Kota Baubau dengan total hafalan 11 juz. Dion mulai belajar menghafal Qur'an dari bibinya.

Menariknya, Dion sendiri tidak tumbuh sebagai anak yang mengenyam pendidikan. Hingga kemudian di usianya yang telah remaja, ia melanjutkan pendidikan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Tat Twam Asi. Dan kini sudah berjalan selama kurang lebih satu tahun.

Bakat Dion terlihat saat mengikuti Inclusive Community Expo 2021 di Creative Space Baubau yang diprakarsai oleh Dandim 1413 Buton Letkol Inf. Arif Kurniawan, bersama dengan 45 komunitas lainnya pada Januari 2021 lalu.

Kini, kiprah Dion semakin terasah dengan mengikuti ajang bergengsi di ibu kota, sekaligus mengharumkan nama Tanah Barakati sebagai seorang Dai Spesial asal Kota Baubau.

"Dunia saya memang gelap, tapi saya bisa melihat segalanya dengan hati yang terang," pungkas Dion. (B)

Reporter: Ridwan Amsyah

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga