Disebut Tak Punya Kewenangan Mutasi, Plt Bupati Muna: Nanti Kita Buktikan

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 15 Desember 2023
0 dilihat
Disebut Tak Punya Kewenangan Mutasi, Plt Bupati Muna: Nanti Kita Buktikan
Plt Bupati Muna, Bachrun Labuta akan melakukan pengisian jabatan kosong. Foto: Sunaryo/Telisik

" Plt Bupati Muna, Bachrun Labuta masih saja dianggap enteng dengan para bawahannya. Sebagai Plt bupati, ia disebut-sebut tak memiliki kewenangan dalan melakukan mutasi maupun pengisian jabatan kosong "

MUNA, TELISIK.ID - Plt Bupati Muna, Bachrun Labuta masih saja dianggap enteng dengan para bawahannya. Sebagai Plt bupati, ia disebut-sebut tak memiliki kewenangan dalan melakukan mutasi maupun pengisian jabatan kosong.

Bachrun sendiri menanggapi santai hal tersebut. Katanya, sebagai Plt bupati, ia masih memiliki atasan, yakni gubernur. Nah, persoalan mutasi maupun pengisian jabatan kosong, bisa saja dilakukan. Ia tinggal minta izin ke gubernur lalu diteruskan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

"Nanti kita buktikan. Kita main secara halus tanpa melanggar aturan," kata Bahcrun, Jumat (15/12/2023).

Baca Juga: Emak-Emak di Muna Serbu Pasar Murah

Ia pun menyayangkan informasi, jika dirinya tidak punya kewenangan melalukan mutasi dan pengisian jabatan kosong dihebuskan oleh para pejabat-pejabat yang takut dimutasi. Padahal sesungguhnya, ia sama sekali tidak punya niatan untuk menganiaya orang lain. Toh, bila sudah begitu modelnya, ia pun akan melakukan langkah-langkah.

"Mutasi maupun pengisian jabatan, saya juga akan minta petunjuk dari Bupati, Rusman. Karena, sebelum bupati bermasalah hukum, sudah menyampaikan akan melakukan mutasi dan saya akan tindaklanjuti," ungkapnya.

Sekda Muna, Eddy Uga menegaskan, Plt bupati memiliki kewenangan melakukan mutasi. Prosesnya, tinggal mengkoordinasikan pada pimpinan di atasnya, yakningubernur.

Baca Juga: Kejari Muna Hentikan Penuntutan Perkara Penganiayaan di Arena Tinju

"Tidak ada larangan, sepanjang sesuai mekanisme ketentuan peraturan perundang-undangan," tegasnya.

Sementara itu, Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Kepegawaian, Wa Ode Almira menerangkan, jumlah ASN yang pensiun tahun ini sebanyak 195 orang. Enam di antaranya merupakan pejabat esalon II. Sisanya, esalon III, IV dan staff. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga