Ribuan Orang Mudik Melalui Pelabuhan Penyeberangan Lintas Tobaku-Siwa Kolaka Utara

Muh. Risal H, telisik indonesia
Jumat, 21 April 2023
0 dilihat
Ribuan Orang Mudik Melalui Pelabuhan Penyeberangan Lintas Tobaku-Siwa Kolaka Utara
Arus mudik di Pelabuhan Penyeberangan Tobaku-Siwa jelang Idul Fitri. Foto: Muh Risal H/Telisik

" Ribuan pemudik yang berasal dari berbagai daerah di daratan Sulawesi Tenggara tujuan Sulawesi Selatan tahun ini mudik melalui penyeberangan lintas Tobaku-Siwa, Kecamatan Katoi, Kabupaten Kolaka Utara "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Ribuan pemudik yang berasal dari berbagai daerah di daratan Sulawesi Tenggara tujuan Sulawesi Selatan tahun ini mudik melalui penyeberangan lintas Tobaku-Siwa, Kecamatan Katoi, Kabupaten Kolaka Utara.

Berdasarkan data Satuan Pelayanan Pelabuhan (Satpel) Penyeberangan Wilayah I Tobaku, Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XVIII Sulawesi Tenggara, Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, sebanyak 2.635 orang tahun ini mudik melalui pelabuhan penyeberangan lintas Tobaku-Siwa.

Jumlah tersebut terdiri atas 2.358 pemudik usia dewasa dan 277 anak-anak. Angka itu dirangkum dari data produksi kapal keberangkatan harian posko angkutan lebaran Idul Fitri 2023 Satpel Pelabuhan Penyeberangan Wilayah I Tobaku sejak 14-20 April 2023 atau dari H-7 sampai H-1 Idul Fitri 1444 Hijiriah.

Baca Juga: H-1 Idul Fitri Kondisi Arus Mudik di Pelabuhan Tobaku Kolaka Utara Normal

Selain penumpang, juga tercatat sebanyak 1.078 kendaraan terdiri dari 469 sepeda motor (gol II) dan 609 kendaraan keluarga (KK) gol IV melintas melalui pelabuhan Tobaku-Siwa.

Menurut Satpel Pelabuhan Penyeberangan Wilayah I Tobaku, Diksan Jaya data yang mereka miliki bersumber dari pihak perusahaan pelayaran dalam hal PT Afta Trans Mandiri yang menaungi KMP New Camellia dan KMP New Rose.

"Penyelenggara pelayaran dalam hal ini Dinas Perhubungan Kolaka Utara juga memiliki data serupa. Kalau kami sebenarnya hanya terkait keselamatan dan keamanan pelayarannya saja," terangnya, Jumat (21/4/2023).

Kepala Cabang PT Afta Trans Mandiri, Syamsul Bahri menuturkan, pihaknya masih melakukan pelayaran hari ini meski sebagai masyarakat Kolaka Utara telah merayakan hari Idul Fitri 1444 Hijiriah.

"Pemerintah telah memutuskan lebaran hari Sabtu, (22/4/2023) karena itu, armada tetap operasi normal," jelasnya.

Baca Juga: Mobil Pemudik Hanyut Diseret Arus Sungai, 8 Orang Meninggal Dunia

Diketahui, berdasarkan data produksi keberangkatan harian posko angkutan lebaran Idul Fitri 1444 Hijiriah 2023. Lonjakan penumpang dan KK terjadi pada H-3, Selasa (18/4/2023) yakni 414 orang, 93 KK, dan 76 motor untuk dua kapal.

H-2 Idul Fitri mencapai 657 penumpang, 112 motor dan 137 KK untuk tiga kali pemberangkatan (Ekstra trip KMP New Rose). H-1 jumlah penumpang yang berangkat menuju pelabuhan Bansalae Siwa masih terbilang banyak yakni 438 orang. Sementara, kendaraan pribadi dan motor pada H-1 sudah berjalan normal. (B)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga