Diucapkan Saat Lebaran, Ternyata Ini Arti Minal Aidin Wal Faizin

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 29 April 2022
0 dilihat
Diucapkan Saat Lebaran, Ternyata Ini Arti Minal Aidin Wal Faizin
Ilustrasi salam salaman. Foto: Repro prefer trip

" Salah satu tradisi yang dilakukan saat hari lebaran adalah saling mengunjungi untuk maaf-memaafkan, baik dengan keluarga maupun teman "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu tradisi yang dilakukan saat hari lebaran adalah saling mengunjungi untuk maaf-memaafkan, baik dengan keluarga maupun teman.

Ketika saling bermuatan, umat muslim di Indonesia seringkali mengucapkan “Minal Aidin Wal Faizin”.

Kalimat ini jika dialihbahasakan ke dalam Bahasa Indonesia seolah menjadi ”mohon maaf lahir batin”. 

Lantas, sebenarnya apa arti Minal Aidin Wal Faizin?

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, kalimat Minal Aidin Wal Faizin ini sebenarnya hanya berupa sebuah frase atau bagian dari sebuah kalimat yang lebih panjang. Jadi, bukan kalimat yang lengkap SPO-nya atau subyek/predikat/objeknya.

Secara lengkap, kalimatnya adalah ”ja alanallahu wa iyyakum minal aidzin wal faidzin” yang artinya “semoga Allah SWT menjadikan kami dan Anda sebagai orang-orang yang kembali dan beruntung”.

Baca Juga: Termasuk Indonesia, Ini 6 Kota Paling Ramah Sedunia

Jadi, Minal Aidin Wal Faizin sendiri artinya adalah orang-orang yang kembali dan beruntung.

Dengan demikian, harus dipahami bahwa frase Minal Aidin Wal Faizin tidak memiliki makna sama sekali dengan ungkapan permintaan maaf atau bermaaf-maafan. Bahkan dalam Bahasa Indonesia ungkapan “bermaaf-maafan” malah dinilai terlalu berlebihan atau mubazir, karena ungkapan “bermaafan” sudah cukup, karena ungakapan bermaafan sudah memiliki makna saling meminta maaf.

Sementara itu dalam Bahasa Arab, ungkapan permintaan maaf biasanya dinyatakan dengan pernyataan “afwan” yang artinya permintaan maaf yang tulus dan ikhlas. Kalau kurang puas dengan kata “afwan” yang dinilai kurang panjang, kita boleh menambahkannya dengan “afwan zahin wal bathin”.

Sejatinya, kalimat ucapan Minal Aidin Wal Faizin saat Lebaran hanya populer di Indonesia. Di wilayah Timur Tengah atau dalam masyarakat Arab, Hari Raya Idul Fitri identik dengan ucapan "Eid Mubarak".

Baca Juga: Ini Paket Parcel Lebaran dengan Varian Isi Menarik

Kebanyakan masyarakat Muslim di sana juga mengucapkan "taqabbalallahu minna wa minkum", ucapan Idul Fitri yang masyhur di kalangan sahabat Nabi Muhammad SAW. Ungkapan ini berarti:

"Semoga Allah SWT menerima amal ibadahku dan amal ibadah kalian". (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga