Terlihat Sepele, Ini Manfaat Jendela Dalam Kamar

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 11 September 2023
0 dilihat
Terlihat Sepele, Ini Manfaat Jendela Dalam Kamar
Jendela kamar memiliki beragam manfaat seperti sirkulasi udara hemat energi hingga dekorasi rumah. Foto: Istockphoto

" Jendela menjadi salah satu bagian penting dalam ruangan, tak terkecuali pada kamar tidur. Jendela merupakan salah satu kebudayaan kuno yang sudah ada dari jaman dahulu, sehingga tidak diketahui siapa yang pertama kali mempopulerkan penggunaan jendela "

KENDARI, TELISIK.ID - Jendela menjadi salah satu bagian penting dalam ruangan, tak terkecuali pada kamar tidur. Jendela merupakan salah satu kebudayaan kuno yang sudah ada dari jaman dahulu, sehingga tidak diketahui siapa yang pertama kali mempopulerkan penggunaan jendela.

Saat ini jendela sudah memiliki banyak sekali macamnya, mulai dari jendela yang menggunakan kaca, tirai, dan sebagainya.

Ukuran jendela bisa disesuaikan dengan ukuran kamar tidur. Pemilihan jendela kamar yang tepat akan membuat kamar lebih nyaman saat ditempati. Selain membuat nyaman, jendela kamar juga memiliki banyak manfaat.

Berikut ini adalah beberapa manfaat di kamar tidur dikutip dari Kompas.com dan manfaat.co.id:

1. Melihat kondisi di luar ruangan

Manfaat pertama dari jendela adalah tentu saja untuk membantu melihat kondisi yang terjadi di luar ruangan. Jendela yang biasanya terbuka, akan membuat siapapun yang berada di dalam ruangan bisa melihat dengan bebas ke luar ruangan.

Baca Juga: 3 Waktu Ini Puncaknya Gairah Seks Wanita

Hal ini akan sangat baik untuk fungsi mengawasi dan juga mengamati keadaan di luar ruangan. Dengan adanya jendela, kita bisa melihat apakah kondisi ruangan aman atau kita bisa juga melihat kejadian apa saja yang terjadi di luar ruangan tersebut.

2. Hemat energi

Menghemat energi Dengan memasang jendela di kamar tidur, maka area dalam kamar akan terlihat lebih terang di siang hari. Dengan demikian, Anda tidak perlu menyalakan lampu sepanjang hari.

Selain itu, jendela juga membuat ruangan lebih hangat karena sinar matahari bisa masuk ke dalam ruangan, sehingga tidak perlu menyalakan penghangat ruangan.

Baca Juga: Daftar 5 Negara Terbaik untuk Ditinggali Orang Asing, Nomor 5 Tetangga Indonesia

3. Membuat sirkulasi udara lebih lancar

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa pemasangan jendela membuat udara dari luar bisa masuk ke dalam ruangan. Hal ini membuat ruangan lebih segar dan tidak pengap.

4. Dekorasi rumah

Manfaat lainnya dari jendela adalah sebagai hiasan atau dekorasi dari suatu rumah. Saat ini bentuk jendela sudah memiliki banyak sekali modifikasi, tidak hanya berbentuk kotak namun banyak juga jendela dengan bentuk yang unik dan juga artistik.

Karena itu di beberapa lokasi jendela lebih dari hanya sekedar bagian dari suatu bangunan, namun juga sebagai suatu dekorasi yang dapat meningkatkan daya tarik dari suatu rumah. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga