Ini Waktu yang Tepat Kenalkan Media Sosial pada Anak

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 26 Juli 2023
0 dilihat
Ini Waktu yang Tepat Kenalkan Media Sosial pada Anak
Pakar kejiwaan subspesialis anak dan remaja lululsan Universitas Indonesia ini menyebut, anak usia minimal 13 tahun dapat mulai dikenalkan dengan media sosial, namun dengan pantauan orangtua. Foto: Hellosehat.com

" Di era modern saat ini, setiap orang dari berbagai kalangan umur setidaknya memiliki satu akun media sosial termasuk anak-anak. Di satu sisi, media sosial membantu untuk mendapatkan informasi terbaru "

KENDARI, TELISIK.ID - Di era modern saat ini, setiap orang dari berbagai kalangan umur setidaknya memiliki satu akun media sosial termasuk anak-anak. Di satu sisi, media sosial membantu untuk mendapatkan informasi terbaru.

Namun, tidak dapat dipungkiri jika anak. menyalahgunakannya. Lalu, kapan anak boleh punya media sosial?

Mengutip Hellosehat.com, sampai saat ini belum ada patokan umur yang pasti kapan dalam tahap perkembangan anak ia boleh mengakses akun medsosnya sendiri.

Apalagi, bukan menjadi hal yang aneh pula sejak masa perkembangan bayi, sebagian orangtua pun telah memperkenalkan penggunaan smartphone atau tablet. Setidaknya anak berusia 10-12 tahun telah mempunyai setidaknya satu akun media sosial (medsos).

Baca Juga: 4 Kesalahan Ini Bisa Bikin Tagihan AC Naik

Dilansir dari Kompas.com, dr. Anggia Hapsari, Sp.KJ, Subsp. AR(K) mengatakan, anak juga berisiko mengalami grooming di media sosial.

Pakar kejiwaan subspesialis anak dan remaja lululsan Universitas Indonesia ini menjelaskan, grooming adalah salah satu kejahatan asusila pada anak, dengan pelaku biasanya merayu dan melakukan tipu muslihat pada anak.

Anggia mengatakan, anak usia minimal 13 tahun dapat mulai dikenalkan dengan media sosial karena sudah bisa mandiri dalam memanfaatkan gawai dan membocorkan layar. Meski begitu, anak tersebut tetap membutuhkan pengawasan orangtua.

Hal ini sesuai dengan Rancangan Undang-Undang Data Pribadi (RUU PDP) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, yaitu mengusulkan usulan batasan usia untuk mempunyai akun media sosial adalah 17 tahun.

Baca Juga: 5 Cara Sopan Menolak Pasangan untuk Berhubungan Seks

Apabila anak di bawah usia tersebut sudah punya medsos, harus ada persetujuan dari orangtua. Ini dilakukan agar ada komunikasi antara anak dengan orangtua mengenai dunia digital.

Memang susah untuk membuat usia minimal anak mempunyai medsos. Bisa saja anak dengan usia lebih dari 13 tahun, tetapi ia belum mempunyai tanggung jawab untuk menggunakan media sosial.

Anda sendirilah yang paling memahami karakter anak. Maka dari itu, memperbolehkan ia untuk punya akun medsos atau tidak, keputusan tetap ada pada orangtua. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga