Dorong Perekonomian Nasional Lewat Sektor Maritim dan Perkapalan

Rasmin Jaya, telisik indonesia
Senin, 06 Maret 2023
0 dilihat
Dorong Perekonomian Nasional Lewat Sektor Maritim dan Perkapalan
Dorong perekonomian nasional lewat sektor maritim dan perkapalan, terlihat antusias peserta dari berbagai kalangan hadir untuk memberikan gagasan dan ide terhadap pembangunan dan perekonomian Sulawesi Tenggara ke depan. Foto: Rasmin Jaya/Telisik

" Sebagai negara yang mempunyai potensi kekayaan sumber daya alam (SDA) yang sangat mumpuni. Kehadiran sektor maritim sebagai salah satu yang mendapatkan prioritas dalam pembangunan nasional "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagai negara yang mempunyai potensi kekayaan sumber daya alam (SDA) yang sangat mumpuni. Kehadiran sektor maritim sebagai salah satu yang mendapatkan prioritas dalam pembangunan nasional.

Hal ini membawa dampak positif terhadap upaya peningkatan daya saing pada industri perkapalan atau galangan kapal di dalam negeri. Sehingga potensi tersebut bisa menjadi peluang dan kesempatan untuk mendorong pertumbuhan dan perekonomian nasional dengan banyaknya pelabuhan maupun perkapalan.

Hal itu pun mendapat tanggapan Ketua DPC Insa Kendari, Muhammad Safril mengatakan, peranan pembangunan perekonomian nasional sangat dibutuhkan semua untuk bekerja sama.

Baca Juga: Citra Land dan Sekitarnya hingga Saat Ini Lampu Masih Padam

"Sinergitas dan harmonisasi sangat kita butuhkan, untuk menuntaskan berbagai masalah yang kompleksitas sehingga dalam pertemuan ini pelaku usaha bisa menyampaikan konsep dan gagasanya," ungkapnya, Senin (6/3/2023)

Tak hanya itu, dalam aspek tersebut sangat dibutuhkan komitmen penegakan hukum di laut, apa lagi banyaknya penyeludupan yang memanfaatkan potensi SDA yang ada.

“Industri perkapalan atau galangan kapal merupakan sektor yang strategis dan mempunyai peran vital bagi roda perekonomian nasional,” katanya.

Ia juga menambahkan, sektor itu mempunyai peran penting untuk menyatukan wilayah yang tersebar di Indonesia. Industri galangan kapal sebagai manifestasi dari cita-cita tersebut mempunyai tugas yang sangat besar, agar kepentingan negara dalam rangka mewujudkan konektivitas antar wilayah melalui penguatan sarana transportasi laut dapat terwujud.

Ketua umum DPP Insa, Carmelita Hartoto mengatakan, Indonesia dikenal sebagai wilayah terbesar kedua untuk wilayah kepulauan sehingga potensi SDA yang dimiliki sangat mumpuni untuk mendorong  dan menopang perekonomian daerah maupun nasional.

Namun tidak sedikit juga banyaknya sejumlah kejahatan terjadi di tol laut, berbagai tindakan yang serampangan dalam tata kelola wilayah tersebut.

Hingga proses pengawasan, pencegahan dan penanganan hukum sangat diperlukan untuk memaksimalkan potensi sehingga tersebar secara merata.

"Poros maritim ini kan sebuah gagasan strategis untuk meningkatkan perputaran perekonomian melalui jalur perkapalan dan perikanan," ujar Camelita.

Ia juga menambahkan, konektivitas yang mumpuni untuk pertukaran barang dan jasa melalui sektor perkapalan dengan beberapa pusat pelabuhan yang ada di Indonesia bisa terdistribusi dengan baik.

Sehingga posisi Insa sebagai wadah pengusaha pelayaran dan merupakan satu-satunya pemilik pelayaran.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini menjadi bentuk kolaborasi dan mampu menjadi gagasan untuk kita sodorkan kepada stakeholder," tambahnya

Sementara Wakil Ketua Komisi 5 DPR RI yang Membidangi Transportasi, Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, Membangun Desa dan Kawasan Tertinggal, Ridwan Bae mengatakan, Sulawesi Tenggara lagi kiat-kiatnya mendorong perekonomian dan pembangunan daerah.

Sebagai daerah yang mempunyai kekayaan alam yang sangat mempuni dari berbagai sektor, tentunya keberadaan seluruh pihak harus bisa bekerja sama dengan terus menopang ekonomi nasional.

Apa lagi Indonesia negara maritim, tentunya SDA sangat mempuni untuk dikelola dengan baik dalam memperlancar roda perekonomian dan memperkuat ketahanan nasional.

"Tantangan kita ke depan tentunya tidak mudah, sehingga perlu banyak pihak untuk mengawasi tata kelola SDA yang ada," ujarnya 

Baca Juga: Ini Kampus Berkualitas Harga Terjangkau di Kota Kendari

Ia juga menekankan agar seluruh stakeholder dan masyarakat memberikan masukan dan saran untuk diperjuangkan di DPR RI, sekaligus memberikan perlindungan dan kepastian hukum sehingga rakyat tidak dirugikan dengan banyaknya pelaku-pelaku usaha.

“Melalui visi kemaritiman, saat ini pemerintah berupaya agar sektor industri maritim mempunyai daya saing di tingkat global. Bahkan, pemerintah semakin serius untuk memperkuat dengan menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia,” tegasnya.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri berbagai stekholder Pemerintah Sulawesi Tenggara, pengamat maritim, pers dan mahasiswa. (A)

Penulis: Rasmin Jaya

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga