DPRD Kota Baubau Tetapkan 21 Raperda Masuk Propemperda 2024

Elfinasari, telisik indonesia
Senin, 13 November 2023
0 dilihat
DPRD Kota Baubau Tetapkan 21 Raperda Masuk Propemperda 2024
Ketua Bapemperda DPRD Kota Baubau, Noor Gemilang Siradja. Foto: Elfinasari/Telisik

" DPRD Kota Baubau telah resmi menetapkan program pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Kota Baubau tahun 2024. Keputusan ini diambil melalui rapat paripurna di DPRD Baubau pada Senin (13/11/2023) "

BAUBAU, TELISIK.ID - DPRD Kota Baubau telah resmi menetapkan program pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Kota Baubau tahun 2024. Keputusan ini diambil melalui rapat paripurna di DPRD Baubau pada Senin (13/11/2023).

Sekretaris DPRD Kota Baubau, Yaya Wirayahman, mengumumkan Keputusan DPRD Kota Baubau Nomor 18 Tahun 2023, yang menetapkan 21 judul Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) sebagai prioritas pada tahun 2024. Dari jumlah tersebut, 13 merupakan usulan Pemkot Baubau, sementara 8 lainnya berasal dari inisiatif DPRD Baubau.

Ketua Badan Pembentukan Perda (Bapemperda) DPRD Kota Baubau, Noor Gemilang Siradja menjelaskan, kesepakatan ini hasil dari konsultasi yang dilakukan pada 10 November 2023. Konsultasi tersebut melibatkan Ketua Bapemperda bersama anggota DPRD Baubau, dalam rangka harmonisasi Propemperda dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Baca Juga: Anggota DPRD Pelanggar Kode Etik Berpotensi Dijatuhi PAW

"Setelah saling memberikan penjelasan, pandangan, dan argumentasi, Bapemperda dan Tim Pemkot Baubau menyetujui sebanyak 21 judul Raperda yang menjadi prioritas di tahun 2024," jelas Noor Gemilang Siradja.

Selain 21 Raperda yang menjadi prioritas, Bapemperda dan Tim Pemkot Baubau juga menegaskan kesepakatan untuk memasukan program kumulatif terbuka terkait Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dalam Propemperda 2024.

Ini mencakup Raperda tentang Pertanggungjawaban dan Pelaksanaan APBD Kota Baubau tahun anggaran 2023, Raperda tentang Perubahan APBD 2024 Kota Baubau, dan Raperda APBD 2025 Kota Baubau.

Baca Juga: Ayah di Buton Tengah Tega Hamili Anak Tiri

Pemkot Baubau dan Bapemperda berkomitmen untuk menjadi selektif dan visioner dalam mengidentifikasi kebutuhan Perda, sehingga dapat mendukung pelaksanaan kewenangan pemda dalam merespons perkembangan dinamika masyarakat dan kebijakan nasional.

Program-program ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan dan kemajuan Kota Baubau. (B-Info)

Penulis: Elfinasari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga