DPRD Minta Pemkot Kendari Gunakan APBD Secara Efisien dan Konsisten

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 21 November 2023
0 dilihat
DPRD Minta Pemkot Kendari Gunakan APBD Secara Efisien dan Konsisten
DPRD Minta Pemkot Kendari gunakan APBD secara efisien, efektif dan konsisten. Foto: Ist.

" DPRD Kota Kendari meminta pemkot perlu memperhatikan dalam menggunakan APBD dengan sebaik-baiknya "

KENDARI, TELISIK.ID - DPRD Kota Kendari meminta pemkot perlu memperhatikan dalam menggunakan APBD dengan sebaik-baiknya. Dalam proses penyusunan APBD, pemerintah harus mengikuti prosedur admintratif yang telah ditetapkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan dalam konteks belanja.

Hal itu diungkapkan dalam rapat paripurna DPRD Kota Kendari dari Fraksi PDIP yang dibacakan oleh Sulistiawati Anwar Minton, pemkot juga harus memperhatikan dan dapat mengendalikan tingkat efisiensi dan efektifitas anggaran maka dalam perencanaan anggaran.

"Pemerintah daerah harus mengalokasikan belanja daerah secara adil dan merata, agar relatif dapat dinikmati oleh seluruh kelompok masyarakat tanpa diskriminasi, khususnya dalam pemberian pelayanan umum," bebernya di ruang rapat Paripurna DPRD Kota Kendari, Selasa (21/11/2023).

Baca Juga: Pemkot Kendari Bakal Bentuk Tiga OPD Baru

Baca Juga: PN Kendari Digeruduk Massa Kecam Vonis Bebas, Berikut Rentetan Fakta Persidangan Kasus Gratifikasi Alfamidi

Senada, Fraksi Gerindra yang diwakili oleh Laode Ali Akbar menuturkan, APBD mempunyai strategis untuk mendukung aktivitas peran yang sangat penting bagi Kota Kendari dalam menjalankan fungsinya, baik untuk menunjang pelayanan publik, implementasi berbagai macam regulasi, meningkatkan berbagai sektor dan pembangunan di untuk pemberdayaan masyarakat.  

APBD juga merupakan instrumen teknis dari idealisme pembangunan yang ingin diwujudkan oleh Kota Kendari, muaranya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karenanya dalam penyusunan dan pembahasannya haruslah berpegang teguh pada prinsip prinsip efisiensi, efektifitas, ekonomis, dan tepat sasaran yang lebih penting lagi bahwa apbd harus mencerminkan respon pemerintah.

"Terhadap kebutuhan prioritas masyarakat dan punya kapasitas untuk menyelesaikan berbagai problem masyarakat, menurut pandangan Fraksi Gerindra dalam perencanaan yang dibuat oleh Pemerintah Kota Kendari harus lebih konsisten dengan apa yang sudah direncanakan," bebernya. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga