Dua Calon Ketua Golkar Baubau Saling Klaim Menang

Deni Djohan, telisik indonesia
Minggu, 23 Agustus 2020
0 dilihat
Dua Calon Ketua Golkar Baubau Saling Klaim Menang
Salah satu calon Ketua Golkar Baubau, Darlis Lahura saat menyerahkan berkas syarat calon ke pada ketua tim penjaringan. Foto: Deni Djohan/Telisik

" Syarat 30 persen dukungan ini adalah syarat awal untuk maju bertarung ke depannya. "

BAUBAU, TELISIK.ID - Dua dari lima bakal calon (Balon) Ketua Partai Golkar Kota Baubau, dua nama dipastikan bakal bertarung pada Musda V yang digelar, Selasa (25/8/2020).

Ke dua nama tersebut yakni Darlis Laruha dan Zahari yang tidak lain sebagai Ketua DPRD Kota Baubau.

Ke dua nama itu dipastikan akan bertarung di Musda V, hal itu dikarenakan hingga batas waktu pengembalian berkas pencalonan tiga calon lain tak melakukannya.

Usai mengembalikan berkas pencalonan, salah satu calon, Darlis Lahura mengatakan, dirinya telah memenuhi 14 syarat yang menjadi ketentuan pencalonan. Ia berharap, panitia penjaringan memverifikasi syarat tersebut.

"Syarat 30 persen dukungan ini adalah syarat awal untuk maju bertarung ke depannya," tutur Darlis di Kantor Golkar Baubau, Minggu (23/8/2020).

Sejauh ini lanjutnya, dirinya mengaku terus melakukan konsilidasi di tataran pengurus pemilik suara sah.

Saat ditanya soal rival, ia belum bisa memastikan. Tapi ia menilai, semua kader berpotensi untuk merebut hak-hak suara yang ada di bawah.

"Saya optimis lolos berkas. Dan siapa pun yang lolos berkas, saya siap bertarung dan siap menang," tegasnya.

Tempat sama, salah satu Balon yang diketahui merupakan petahana, Zahari mengatakan, sejak mendapat diskresi dari DPP, dirinya telah siap untuk kembali bertarung.

Sebab pertimbangan untuk mendapatkan diskresi DPP membutuhkan kajian mendalam yang cukup sulit.

Baca juga: Rakorda Gerindra Sultra, Peserta dan Jurnalis Wajib Rapid Test

"Tidak semua daerah yang minta diskresi itu diterima DPP. Banyak kajian yang dilalui dari segi dedikasi, prestasi dan lain-lain selama saya menjabat Ketua DPD Golkar Baubau," terangnya.

Kata dia, sejauh ini dirinya telah mengumpulkan tujuh dukungan yang terdiri dari lima Pengurus Kecamatan (PK) serta dukungan organisasi sayap yakni KPPG dan AMPG juga dewan pembina.

"Jadi total dukungan PK ini ada tujuh yakni Wolio, Kokalukuna, Bungi, sorawolio dan Batupoaro. Semoga ke depannya bisa bertambah lagi," harapnya.

Terkait statusnya yang masih menjabat sebagai Ketua Golkar Baubau, ia mengaku akan mengundurkan diri saat acara Musda dibuka. Hal itu ditandai dengan pembacaan pertanggungjawaban yang ditanggapi masing-masing PK dan kemudian dilanjutkan dengan penyerahan petaka partai.

"Saya tetap optimis menang. Harapan kami, sesuai dengan janji saya memimpin Golkar pada lima tahun lalu, saya tetap sampaikan ke pada kader untuk selalu solid dan bersama-sama bangkitkan kembali Golkar ini. Dan Alhamdulilah, berkat komitmen itu, Golkar menjadi partai pemenang pada Pilcaleg lalu. Ke depan, kita akan memenangkan agenda politik lainnya," ungkapnya.

Sedangkan Ketua tim penjaringan, La Ode Mujidu menerangkan, sejak proses penjaringan dibuka, terdapat lima nama yang tercatat mengambil berkas.

Kelima nama tersebut adalah, Amiruddin, Asran Abdulah, Rusdin, Zahari dan Darlis Lahura. Sementara yang tercatat mengembalikan berkas hanya dua nama yakni, Zahari dan Darlis Lahura.

"Kami sudah lakukan pemeriksaan sementara. Proses verifikasi faktual dilakukan setelah proses penjaringan selesai. Waktunya setelah proses pengembalian berkas ditutup secara resmi pukul 24:00 malam ini. Setelah itu besoknya kita umumkan," ungkap Mujidu.

Berdasarkan data, jumlah suara yang akan diperebutkan para calon berjumlah 14 suara yang terdiri dari delapan PK, masing-masing pengurus DPD satu dan dua, satu organisasi yang mendirikan dan didirikan serta dewan pembina juga pengurus AMPG dan KPPG.

"Tapi yang satu ini belum pasti. Yang pasti kami berharap Musda V Partai Golkar Kota Baubau ini berjalan sukses dan lancar. Bagi mereka yang terpilih dipastikan adalah kader terbaik partai," pungkasnya.

Reporter: Deni Djohan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga