Dua Hari Buka Layanan Bantuan Isoman, Relawan ASR Layani 50 Warga

Sumarlin, telisik indonesia
Sabtu, 24 Juli 2021
0 dilihat
Dua Hari Buka Layanan Bantuan Isoman, Relawan ASR Layani 50 Warga
Relawan ASR mengunjungi rumah warga yang sedang Isoman. Foto: Ist.

" Merespon meningkatnya jumlah kasus positif COVID-19 sehingga banyak warga yang harus menjalani isolasi mandiri (Isoman), Relawan ASR Kota Kendari tergerak untuk membantu para warga yang sedang menjalani Isoman. "

KENDARI, TELISIK.ID - Merespon meningkatnya jumlah kasus positif COVID-19 sehingga banyak warga yang harus menjalani isolasi mandiri (Isoman), Relawan ASR Kota Kendari tergerak untuk membantu para warga yang sedang menjalani Isoman.

Dua hari membuka layanan, relawan ASR mendapat banyak respon warga. Hari pertama diluncurkan, sebanyak 20 warga yang meminta bantuan dan hari kedua jumlahnya meningkat menjadi 30 orang.

"Di hari pertama setelah kami launching, ada 20 orang yang kami berikan bantuan berupa paket makanan, buah-buahan dan beberapa vitamin penambah imun. Dan di hari kedua ada 30 orang yang meminta bantuan," kata Ketua Relawan ASR Kota Kendari, Alvian Liambo, Jumat (23/7/2021).

Bantuan dilakukan dengan cara membuka Relawan ASR bakal hadir menyambangi para warga maupun pasien yang sedang menjalani isoman dengan membawakan makanan dan vitamin.

Dalam proses pemberian paket makanan tersebut, tim Relawan ASR Kota Kendari tetap mengedepankan Protokol Kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Bahkan dalam menjalankan program Isoman, relawan ASR Kendari juga melakukan sosialisasi ke masyarakat untuk tetap patuh terhadap protokol kesehatan untuk memutus mata rantai COVID-19.

"Jadi usai melayani masyarakat yang Isoman, kami terus mensosialisasikan protokol kesehatan. Dimana hal tersebut amanah dari Dewan Pembina ASR Andi Sumangerukka, untuk membantu pemerintah dalam pencegahan penyebaran COVID-19," ujarnya.

Baca juga: Kota Kendari Masuk Tiga Besar Tata Kelola Pemerintahan Daerah Terbaik di Indonesia

Baca juga: Pemkot Siaga! Pasien Umum di RSUD Kendari akan Dipindahkan Jika COVID-19 Membabi Buta

Seorang warga yang sedang Isoman, Nisa, mengucapkan terima kasih kepada Andi Sumangerukka karena berkat programnya tersebut dirinya bersama keluarga bisa mendapatkan keringanan dalam mengahadapi COVID-19.

"Terima kasih kepada ASR yang telah mau memperhatikan kami, dan program Isoman ini sangat membantu kami yang sedang melakukan Isoman. Dimana saya Isoman sendiri di rumah karena Ibu saya sedang menjalani Isolasi di RSUD Bahteramas," kata Warga Kecamatan Abeli, Kota Kendari itu.

Sementara itu Ketua Relawan ASR Sulawesi Tenggara (Sultra) Andi Ady Aksar menjelaskan, program ini dibuat untuk membantu masyarakat yang sangat membutuhkan dalam menghadapi situasi pandemi COVID-19, apalagi saat ini pemerintah telah memperpanjang  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Saat ini, di Kota Kendari jumlah warga yang terpapar COVID-19 masih terbilang cukup tinggi, sehingga tenaga medis terkadang kewalahan dalam menangani pasien terpapar COVID-19. Akhirnya tidak sedikit warga yang terindikasi terpapar COVID-19 melakukan isolasi mandiri (Isoman)," katanya

Ketua DPD Gerindra Sultra ini menuturkan, Isoman dipilih masyarakat sebagai salah satu cara untuk dapat sembuh dari indikasi terpapar COVID-19, namun bila tidak dipenuhi dengan makanan dan vitamin, tentu akan sulit untuk dapat pulih ke keadaan semula.

Rencananya program ini akan berlangsung hingga tanggal 28 Juli 2021, warga yang hendak mendapatkan layanan ini bisa menghubungi relawan ASR di nomor 082196421432.

Selanjutnya, pasien yang isoman mengisi form yang disediakan relawan ASR serta melampirkan hasil tes PCR positif COVID-19 dalam bentuk file atau foto.(A-Adv)

Reporter: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga