Ekspose Parekraf dan Tapak Tilas Oputa Yii Koo Resmi Digelar

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Senin, 23 Mei 2022
0 dilihat
Ekspose Parekraf dan Tapak Tilas Oputa Yii Koo Resmi Digelar
Gubernur Sulawesi Tenggara membuka pameran pembangunan Parekraf dan tapak tilas Oputa Yii Koo dalam rangka HUT Sultra ke-58. Foto: Iradat Kurniawan/Telisik

" Penyelenggaraan HUT Sultra ke-58 dirangkaikan perlombaan yang terkait dengan tapak tilas Oputa Yii Koo "

BAUBAU, TELISIK.ID - Pameran Pembangunan Pariwisata  Ekonomi Kreatif dan tapak tilas Oputa Yii Koo dalam rangka Hari Ulang Tahun Provinsi Sulawesi Tenggara yang ke-58 resmi digelar.

Pj. Sekda Provinsi Sultra Asrun Lio sebagai ketua panitia penyelenggara mengemukakan, Hari Ulang Tahun Provinsi Sultra selalu berjalan bersama pameran potensi pembangunan Parekraf Provinsi Sulawesi Tenggara.

Uniknya dari penyelenggaraan HUT Sultra yang ke-58 yaitu adanya perlombaan yang terkait dengan tapak tilas Oputa Yii Koo, di mana acara tersebut terselenggara bersamaan dengan pameran pembangunan Parekraf.

"Akan ada festival nasi bambu di Desa Wasambaa dan acara adat di Kabupaten Buton yaitu di puncak Gunung Siontapina," tutur Asrun Lio, Minggu (22/5/2022).

Baca Juga: Pemuda Milenial Reok Sepakat Dukung Jon Nembo dan Marsel Pan di Pileg 2024

Sementara itu, Direktur Event Daerah Kemenperkraf RI Reza Pahlevi menuturkan bahwa kegiatan tersebut menunjukkan semangat untuk membangkitkan dan meningkatkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif dengan memyelenggarakan event tapak tilas Oputa Yii Koo.

Kata Reza Pahlevi, event ini sarat akan nilai-nilai sejarah sehingga memungkinkan para pengunjung event untuk belajar sejarah sekaligus menikmati ragam pertunjukan selama acara berlangsung sebagai bentuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional dan sosialisasi pahlawan nasional asal Sulawesi Tenggara, Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi atau Oputa Yii Koo.

Baca Juga: Pj Bupati Buton Tengah Tak Jadi Dilantik Besok

Ditambahkan, event tersebut mengandung pesan-pesan untuk menjaga warisan budaya yang ada di Sulawesi Tenggara.

Reza Pahlevi juga mengatakan bahwa pihaknya akan siap berkolaborasi dalam mendukung pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di Sulawesi Tenggara. (B)

Penulis: Iradat Kurniawan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga