Empat Manfaat Minum Jahe Campur Lengkuas, Ampuh Juga untuk Kesuburan Pria

Haidir Muhari, telisik indonesia
Senin, 12 Oktober 2020
0 dilihat
Empat Manfaat Minum Jahe Campur Lengkuas, Ampuh Juga untuk Kesuburan Pria
Minuman campuran jahe, lengkuas dan rempah. Foto: Repro GenPi.co

" Tumbuhan yang bernama ilmiah Alpinia galanga ini sering digunakan sebagai campuran bumbu masak dan pengobatan tradisional. Selama berabad-abad digunakan dalam pengobatan bagi masyarakat India kuno dan tradisional Tiongkok. "

KENDARI, TELISIK.ID - Memiliki daging yang keras-berserat dan kulit yang kasar-beruas, beraroma khas, pedas jika tua, lengkuas punya manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

Sepintas, rempah ini mirip dengan jahe dan kunyit. Bagi sebagian orang membedakan ketiganya akan sangat susah.

Tumbuhan yang bernama ilmiah Alpinia galanga ini sering digunakan sebagai campuran bumbu masak dan pengobatan tradisional. Selama berabad-abad digunakan dalam pengobatan bagi masyarakat India kuno dan tradisional Tiongkok.

Tumbuhan yang berasal dari Asia Selatan ini memiliki kandungan galangin, beta-sitosterol, quercetin, alpin, dan flavonoid lainnya yang baik untuk tubuh. Selain itu, rempah ini juga mengandung vitamin A, vitamin C, zat besi, serat makanan, dan karbohidrat yang baik.

Baca juga: 10 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

Berikut, kami sajikan beberapa khasiat lengkuas seperti dilansir dari GenPi.co.

1. Meningkatkan kesuburan pria

Lengkuas diyakini mampu meningkatkan kesuburan pria. Sebuah penelitian mengungkap bahwa jumlah dan pergerakan sperma meningkat pada objek percobaan yang diberi ekstrak lengkuas.

Hal itu juga diperkuat oleh sebuah studi yang dilakukan selama tiga bulan terhadap 66 pria dengan kualitas sperma yang rendah. Hasilnya terjadi 62 persen peningkatan pergerakan sperma setelah diberi suplemen harian yang mengandung ekstrak lengkuas dan buah delima.

2. Kaya antioksidan

Lengkuas merupakan salah satu sumber antioksidan yang kaya. Kandungan vitamin C, alpin dan galanginnya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan polifenol yang dimilikinya dianggap memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan memori, serta penurunan gula darah dan kolesterol jahat (LDL).

3. Melindungi dari infeksi

Minyak esensial hasil ekstrak lengkuas bisa membunuh berbagai mikroorganisme. Uji tabung membuktikan bahwa lengkuas dapat membunuh bakteri berbahaya, seperti E. Coli, Staphylococcus aureus, dan Salmonella typhi. Meski efektivitas antar studi bervariasi. Menjadikan lengkuas segar dalam masakan mampu mengurangi risiko infeksi yang disebabkan oleh makanan kurang matang.

4. Meringankan sakit perut

Lengkuas sejak dulu dipercaya dapat meringankan sakit perut dan masalah pencernaan. Pada pengobatan tradisional, lengkuas kerap digunakan untuk menenangkan perut yang tak nyaman, mengatasi diare, mengurangi muntah, mengurangi rasa sakit akibat peradangan, dan menghentikan cegukan.

Baca juga: 10 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

Lengkuas sebaiknya dikonsumsi dalam dosis yang dianjurkan. Bagi anda penderita maag, disarankan agar menghindari konsumsi lengkuas, karena bisa memicu sekresi asam lambung.

Dosis penggunaan lengkuas seperti yang biasa digunakan Pakar Herbal Kym Mot seperti dikutip dari GenPi.co berikut ini.

Lengkuas bisa digunakan untuk pembuatan ramuan yang dicampur dengan kayu manis, jahe, kapulaga, dan cengkeh. Untuk dosis harian direkomendasikan mengonsumsi ramuan ini sebanyak 6 gram.

Sebagai campuran teh, gunakan setengah sampai satu sendok teh kasar akar lengkuas yang digiling dalam secangkir air mendidih. Minum tiga cangkir sehari setengah jam sebelum makan.

Untuk meningkatkan pencernaan, gunakan 20 tetes larutan/ramuan dalam 1 ml air hangat tiga kali sehari. Untuk mual dan mabuk menggunakan teh atau 250 mg akar lengkuas selama dua kali sehari. (C)

Reporter: Haidir Muhari

Editor: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga