Expo Unsultra Jadi Ajang Wirausaha Bagi Mahasiswa

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Sabtu, 19 Maret 2022
0 dilihat
Expo Unsultra Jadi Ajang Wirausaha Bagi Mahasiswa
Rektor Unsultra, Prof. Andi Bahrun, saat mencicipi jajanan kue yang disajikan mahasiswa pada kegiatan Expo. Foto : Muhammad Ilwanto/Telisik

" Bukan hanya sekedar memamerkan hasil-hasil karya, namun juga menjadi ajang untuk meningkatkan kompetensi dan skill, terutama dalam bidang kewirausahaan "

KENDARI, TELISK.ID - Bukan hanya sekedar memamerkan hasil-hasil karya, namun juga menjadi ajang untuk meningkatkan kompetensi dan skill, terutama dalam bidang kewirausahaan.

Di mana hal tersebut menjadi poin penting, yang ingin ditanamkan kepada para mahasiswa Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra).

Melalui kegiatan Expo yang dihelat untuk pertama kalinya di Kampus Seksi itu. Perhelatan yang dilakukan selama kurang lebih 3 hari, mulai 17 sampai 19 Maret itu, terbilang cukup sukses, dengan pendapatan hasil Expo mencapai Rp 5 juta bahkan lebih.

Rektor Unsultra, Prof Andi Bahrun mengatakan, Expo kali ini bukan hanya sekedar kegiatan biasa, tetapi bagaimana dikemas menjadi sebuah event yang betul-betul bisa memberikan sebuah dampak positif terhadap mahasiswa.

"Memang harus seperti itu, kita buat mahasiswa itu bisa mendapatkan penghasilan di waktu kuliah, bukan pada saat selesai baru mau mencari pekerjaan. Untuk itu, kita latih mereka dari sekarang,  bagaimana bisa mandiri dan kreatif dengan skill dan kemampuan sesuai dengan bidang keahliannya," ungkapnya saat ditemui, Sabtu (19/3/2022).

Baca Juga: Ridwan Bae Buka Rahasia Soal Kecerdasan

Lanjut dia, bahkan untuk sekarang sudah ada beberapa mahasiswa yang sudah memilki berbagai usaha sendiri, dengan penghasilan di atas rata-rata. Di mana hampir sekitar lima puluh jenis usaha yang sudah didirikan oleh para mahasiswa.

"Bahkan ada yang omsetnya mencapai Rp 10 juta atau Rp 20 juta. Inilah yang terus kita dorong, karena kami menginginkan mereka itu kaya di masa kuliah, atau sukses di masa kuliah," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Expo, Kasmanda mengungkapkan, tujuan diadakannya kegiatan Expo, adalah untuk memacu kreativitas mahasiswa Unsultra, untuk menampilkan berbagai karya dan jenis-jenis usahanya di event kampus ini.

"Karena di Fakultas Ekonomi sendiri ada jurusan baru yaitu Kewirausahaan, di mana, ini kami ingin promosikan kepada masyarakat, bahwa jurusan ini akan sangat menjanjikan untuk masa depan," katanya.

Baca Juga: Heboh Minta 300 Ayat Al-Quran Dihapus, Muballigh Sultra: Ini Dampak Sistem Demokrasi

Tetpisah, Ketua BEM Unsultra, Hasir menyampaikan, dukungan penuh terhadap penyelenggaraan Expo yang sangat memberikan dampak baik terhadap Unsultra sendiri.

"Pastinya kita akan mendukung penuh berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan, baik itu dari lembaga kampus dan lainnya. Itu pasti akan kami dukung, selama itu memberikan dampak baik terhadap mahasiswa dan juga bagi kampus sendiri," ujarnya. (A)

Reporter: Muhammad Ilwanto

Editor: Kardin

Baca Juga