Fakir Miskin Kolut Segera Terima Zakat, Pemkab Siapkan Rp 2 Miliar

Muh. Risal H, telisik indonesia
Selasa, 12 April 2022
0 dilihat
Fakir Miskin Kolut Segera Terima Zakat, Pemkab Siapkan Rp 2 Miliar
Bupati Kolaka Utara, Nur Rahman Umar saat menyalurkan bantuan zakat mal di Kecamatan Pakue Utara. Foto: Diskominfo Kolut

" Pemerintah Kolut bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) akan menyalurkan zakat mal yang bersumber dari gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk fakir dan miskin yang tersebar di 15 kecamatan "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) akan menyalurkan zakat mal yang bersumber dari gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) sebayak Rp 2 miliar lebih untuk fakir dan miskin yang tersebar di 15 kecamatan.

Kepala Baznas Kolut, Mustamin menjelaskan, zakat yang akan disalurkan di 133 desa dan kelurahan yang tersebar di 15 kecamatan hanya diperuntukkan dua asnaf (kategori) yakni asnaf fakir dan miskin dengan nominal berbeda dengan total penerima sebanyak 4655 orang.

"Setiap desa mendapat jatah 35 orang terdiri dari 15 fakir dan 20 untuk warga miskin. Asnaf fakir mendapat Rp 500.000 per orang, sementara miskin mendapat Rp 400.000," terangnya, Selasa (12/4/2022).

Lebih lanjut, ia menuturkan perbedaan nominal zakat yang diterima setiap asnaf merupakan ketentuan yang telah diatur sesuai dengan ketentuan sistem pembagian zakat.

Baca Juga: Zakat Fitrah di Bombana Telah Ditetapkan, Begini Besarannya

"30?ri jumlah zakat yang masuk diperuntukkan bagi fakir dan 20% untuk miskin. Jadi 50% zakat mal untuk dua asnaf tersebut sisanya untuk enam asnaf lainnya," bebernya.

Suasana pembagian zakat mal oleh Bupati Kolut, Nur Rahman Umar. Foto: Diskominfo Kolut

 

Menurut Kepala Bazna Kolut data penerima zakat mal yang diterima pihaknya bersumber data dari pemerintah desa. Namun sebelumnya, ia bersama anggota Bazna lainnya melakukan sosialisasi ke desa-desa/kelurahan untuk memberikan pemahaman terkait keriteria fakir dan miskin yang berhak menerima zakat tersebut.

Baca Juga: Pemda Buton Tetapkan Besaran Zakat Fitrah

"Kami juga telah menyampaikan ke pemerintah desa agar memberikan data yang benar dan akurat, sehingga bantuan tersebut tepat sasaran," ucapnya.

Saat ini katanya, Bazna bersama Pemkab Kolut telah menyalurkan zakat profesi tersebut di 5 kecamatan, yakni Kecamatan Tolala, Porehu, Batu Putih, Pakue Utara, Pakue Tengah.

"Hari ini kami akan menyalurkan di Kecamatan Pakue dan selanjutnya menyusul kecamatan lainnya," jelasnya. (C-Telisik)

Reporter: Muh. Risal H

Editor: Kardin

Baca Juga