Festival Pesona Perairan Baubau Promosikan Keindahan Laut Negeri Seribu Benteng, Digelar Oktober

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 29 Mei 2024
0 dilihat
Festival Pesona Perairan Baubau Promosikan Keindahan Laut Negeri Seribu Benteng, Digelar Oktober
Pantai Nirwana, tak hanya cocok sebagai tempat wisata keluarga tetapi cocok juga sebagai tempat untuk berenang, snorkling, maupun diving. Foto: Instagram@wijaya91

" Festival Pesona Perairan Baubau direncanakan digelar pada Oktober 2024. Melalui even ini, Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara akan menonjolkan keindahan laut Negeri Seribu Benteng "

KENDARI, TELISIK.ID - Festival Pesona Perairan Baubau direncanakan digelar pada Oktober 2024 mendatang. Melalui even ini, Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara akan menonjolkan keindahan laut Negeri Seribu Benteng ini.

Kota Baubau dikenal dengan pantainya yang indah seperti Kamali, Nirwana, Lakeba, dan Kokalukuna. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan air terjun Tirtarimba, Samparona, dan Lagaguna yang menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Tidak ketinggalan, gua-gua yang eksotis seperti Lakasa, Ntiti, dan Kaisabu juga akan menjadi bagian dari agenda wisata.

Salah satu daya tarik utama lainnya adalah pemandian alam Bungi yang menawarkan air terjun bertingkat, serta perbukitan Kalampa di Kelurahan Lipu, Kecamatan Betoambari, yang berjarak sekitar 7 km dari pusat kota. Bukit Palatiga juga menjadi tempat favorit bagi wisatawan untuk menikmati pemandangan Kota Baubau dari ketinggian, dengan latar belakang laut yang mempesona.

Festival ini juga akan menampilkan kekayaan budaya maritim dan nilai-nilai kearifan lokal khas masyarakat Buton. Potensi wisata dan ekonomi kreatif yang dimiliki oleh Kota Baubau akan ditonjolkan untuk membangun citra dan destinasi wisata Kota Baubau sebagai Kawasan Pengembangan Pariwisata Nasional (KPPN) yang mendukung Wakatobi sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Benteng Kesultanan Buton merupakan salah satu objek wisata bersejarah di Baubau. Foto: Instagram@rhadikusuma

 

Peserta acara ini berasal dari berbagai kabupaten dan kota eks Kesultanan Buton, serta kabupaten dan kota lain yang memiliki benteng, baik di Indonesia maupun di dunia. Berbagai kegiatan menarik bakal diadakan, termasuk Lomba Mancing Mania, Lomba Vlog Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Kebudayaan, serta Lomba dan Parade Perahu Hias.

Baca Juga: Mengenal Layang-Layang Tertua di Dunia Bakal Diterbangkan Juli dalam Even Kaghati Kolope Muna

Sebagai informasi, Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara, Belli Harli Tombili mengatakan, target kunjungan wisatawan ke Sulawesi Tenggara pada tahun 2024 adalah 16,8 juta orang per tahun. Ia berharap festival ini tidak hanya menarik wisatawan untuk berkunjung, tetapi juga dapat mendorong kesejahteraan masyarakat setempat.

Belli Harli Tombili juga mengumumkan bahwa pada tahun 2024, pihaknya akan meluncurkan 57 acara, yang terdiri dari 8 acara provinsi, 46 acara kabupaten/kota, dan 3 acara swasta dan masyarakat. Meskipun jumlah acara mengalami penurunan dari 71 acara pada tahun sebelumnya, ia berharap kualitas acara dapat meningkat.

Peresmian Kalender Even Pariswisata tahun 2023. Foto: Disparsultra.go.id

 

Seorang warga Baubau, Hilmawati, yang merupakan seorang pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di sekitar Pantai Kamali, mengungkapkan harapannya agar festival tersebut terlaksana. Ia berharap festival ini dapat meningkatkan omzet usahanya yang menyediakan ragam olahan seafood dan menarik minat wisatawan.

"Sangat berharap ya, festival ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan sehingga usahaku dapat lebih dikenal dan meningkat omzetnya," ujar Hilmawati pada Telisik.id.

Pada tahun-tahun sebelumnya, Dinas Pariwisata telah menggelar Festival Pesona Perairan Kota Baubau yang salah satu rangkaiannya adalah lomba memancing. Lomba memancing dalam Festival Pesona Perairan Kota Baubau ini akan berlangsung selama tiga hari, sejak 7 hingga 9 Oktober 2022. Acara ini berhasil menarik minat masyarakat lokal maupun dari luar daerah.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Baubau, Idrus Taufiq Saidi, menyatakan bahwa lomba memancing tersebut mendapatkan respon positif dari masyarakat Sulawesi Tenggara maupun dari daerah lain.

Baca Juga: Pesona Alam Kolaka Utara Bakal Dipamerkan September dalam Even Jelajah Wisata

Sementara seorang warga Baubau lainnya, Rohman, mengungkapkan antusiasmenya terhadap even ini karena bertepatan dengan hari jadi Kota Baubau. Ia berharap even ini dapat berlangsung dengan sukses dan memberikan dampak positif bagi masyarakat dan pariwisata Kota Baubau.

"Kami sangat menantikan even ini karena bertepatan dengan hari jadi Kota Baubau, semoga jadi acaranya," ujar Rohman saat dihubungi Telisik.id via telepon seluler.

Dengan rangkaian acara yang menarik dan beragam, Festival Pesona Perairan Baubau diharapkan dapat menjadi magnet bagi wisatawan lokal dan internasional. Acara ini tidak hanya akan menampilkan keindahan alam dan budaya Baubau, tetapi juga akan memperkuat citra Kota Baubau sebagai destinasi wisata yang layak dikunjungi.

Dukungan dari pemerintah daerah dan masyarakat setempat diharapkan dapat menjadikan festival ini sukses dan berkelanjutan, memberikan manfaat ekonomi dan sosial yang signifikan bagi wilayah ini. (A-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga