Pesona Pulau Kondo di Desa Ronokomea Bombana

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Sabtu, 03 Juni 2023
0 dilihat
Pesona Pulau Kondo di Desa Ronokomea Bombana
Pepohonan di Pulau Kondo yang masih sangat asri. Foto: Repro Wisata.bombanakan.go.id

" Pulau Kondo menjadi primadona wisatawan karena menyajikan keindahan alam yang sangat menawan "

KENDARI, TELISIK.ID - Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, menyimpan banyak keindahan alam yang dijadikan sebagai destinasi wisata, salah satunya adalah Pulau Kondo. Pulau ini terletak di Desa Ronokomea, Kecamatan Poleang Barat, yang berjarak kurang lebih 123 Km dari Rumbia, Ibu Kota Kabupaten Bombana.

Pulau Kondo menjadi primadona wisatawan karena menyajikan keindahan alam yang sangat menawan. Hamparan pasir putih, air lautnya yang jernih, pesona bawah lautnya dengan berbagai corak karang dan batu-batu karang yang muncul di permukaan saat air sedang surut, menambah keindahan pulau ini.

Hal itu membuat pulau kondo sangat pantas menjadi daerah tujuan wisata lokal maupun manca negara. Destinasi wisata satu ini banyak dikunjungi wisatawan di hari Sabtu dan Minggu. Di tempat ini, pengunjung juga bisa berendam dan berenang ataupun sekadar bersantai menikmati pemandangan pantai.

Untuk sampai ke pulau ini, dapat ditempuh melalui perjalanan darat dari Kota Kendari ataupun dari Kabupaten Kolaka, dengan menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua. Walaupun terbilang cukup jauh, namun keindahan pulau ini dapat membuat penat selama perjalanan hilang seketika.

Keindahan panorama pulau ini bertambah saat langit sedang cerah dan matahari memantulkan cahayanya pada air laut yang jernih, tampak makin indah dipandang. Pengunjung akan dibuat nyaman dengan panorama alam yang sangat indah.

Baca Juga: Desa Wisata Terapung Buton Tengah, Tawarkan Paket Lengkap Keindahan Alam

Selain itu, pengunjung dapat berendam dan berenang di pantai Pulau Kondo. Pengunjung juga bisa datang untuk sekadar bersantai menikmati pemandangan pantai yang suasananya cukup tenang, jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Sehingga cocok sekali sebagai tempat healing atau refreshing melepas kepenatan dari rutinitas sehari-hari.

Hamparan pasir putih, air lautnya yang jernih, dan pesona bawah laut Pulau Kondo. Foto: Repro Wisata.bombanakan.go.id

 

Salah seorang pengunjung, Vera Wati, warga Kecamatan Kabangka, Kabupaten Muna, yang pernah berkunjung ke Pulau Kondo pada tahun 2022 mengatakan, dia jauh-jauh menyeberang pulau ke Bombana untuk menghabiskan waktu libur bersama keluarga di Pulau Kondo, pulau yang menjadi pembicaraan banyak orang karena keindahan air lautnya dan pasir putihnya.

“Kemarin ke Pulau Kondo kebetulan diajak sama keluarga berkunjung ke rumahnya, sekalian liburan di Pulau Kondo yang dapat review bagus dari orang-orang yang pernah kesana. Dan ternyata memang pulau itu sangat indah, rasa lelah di perjalanan tidak lagi terasa saat sudah sampai di sana,” ujar Vera, Rabu (5/7/2023).

Baca Juga: Waburi Park, Keindahan Desa Wisata di Buton Selatan

Dia mengatakan, sesampainya di kawasan pulau, dirinya langsung disambut dengan hembusan angin yang sejuk dan suara deburan ombak yang menenangkan. Suasana di pulau begitu tenang, sangat cocok untuk refreshing. Dia berharap agar tempat wisata ini tetap dijaga keasriannya, pohon-pohon hingga terumbu karangnya.

Sementara itu, pengunjung lainnya bernama Mirna mengatakan, Pulau Kondo memang memiliki keindahan namun karena jarang dikunjungi, pulau ini terlihat sepi walaupun keindahan lautnya tetap terjaga.

“Bagus sekali memang ini pulau hanya sekarang terlihat lebih sunyi dan banyak ranting pohon jatuh. Tapi untuk saya yang suka pantai, ini masih tetap indah dengan pasir putihnya,” ujarnya. (B)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga