FPIK UHO Bimbing Mahasiswa Kembangkan Usaha di Era Digital

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 09 April 2022
0 dilihat
FPIK UHO Bimbing Mahasiswa Kembangkan Usaha di Era Digital
Pelatihan digital marketi di Aula FPIK, UHO. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Di era bisnis seperti sekarang, digital marketing sangat banyak dimanfaatkan untuk memajukan usaha "

KENDARI, TELISIK.ID - Digital marketing adalah usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.

Tipe pemasaran digital mencakup banyak teknik dan praktik yang terkandung dalam kategori pemasaran internet. Metode ini dianggap lebih efisien dan efektif dalam mengembangkan usaha.

"Di era bisnis seperti sekarang, digital marketing sangat banyak dimanfaatkan untuk memajukan usaha," ujar Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UHO, Prof. H. Ir. La Sara, M.Si, Ph.D, saat membuka pelatihan digital marketing, Sabtu (9/4/2022).

Kegiatan ini telah direncanakan sejak dua tahun lalu, namun baru terealisasi pada hari ini. Dia juga mengatakan, sumberdaya manusia yang memanfaatkan kekayaan laut dan potensi perikanan masih sedikit dilakukan oleh masyarakat khususnya yang memiliki background perikanan. Selain itu dari segi sumberdaya alamnya, kelautan dan perikanan masih sangat berlimpah.

"Dalam berwirausaha jiwa enterpreur adalah punya daya kreatifitas tinggi, inovatif, tidak mudah menyerah, dan paham pada aturan," ungkapnya.

Baca Juga: Selama Ramadan, Proses Belajar Mengajar di Buteng Tetap Normal

Nurdiana A. S.Pi, M.Si, Ketua Jurusan Agrobisnis Perikanan mengatakan, digital marketing sangat penting dalam dunia bisnis.

"Pentingnya digital marketing dalam sebuah bisnis adalah mampu mengenal target pelanggan melalui online," ungkapnya.

Dia mengatakan, digital marketing adalah salah satu media pemasaran produk, jasa dan brand. Digital marketing dapat membangun, meningkatkan, dan mempertahankan reputasi suatu bisnis secara online di semua platform digital.

Salah seorang peserta, Fitri mengatakan, dengan adanya kegiatan ini, sangat membantu dan membuka wawasannya dalam berbisnis.

Baca Juga: Mahasiswa Ilmu Komunikasi UHO, Kunjungan Akademik di Media Telisik.id

"Ingin mengembangkan usaha marketing ke depannya. Sekarang lagi planning usaha yang cocok," ujarnya.

Kegiatan ini dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu, sejak 9 April hingga 31 Mei 2022.  Peserta kegiatan ini di antaranya mahasiswa serta perwakilan beberapa siswa SMA yang ada di Kota Kendari.

Dengan kegiatan yang dilaksanakan di aula FPIK Ini diharapkan peserta dapat mengantisipasi perubahan di era bisnis juga dapat menjadi pelaku usaha di dunia digital marketing khususnya bidang kelautan dan perikanan yang dapat bersaing di masa yang akan datang. (A)

Reporter: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga