Genjot Populasi Hewan Ternak, Pemkab Konawe Beri Bantuan Bibit Pangan ke Petani

Aris Syam, telisik indonesia
Selasa, 12 Juli 2022
0 dilihat
Genjot Populasi Hewan Ternak, Pemkab Konawe Beri Bantuan Bibit Pangan ke Petani
Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Konawe Jumrin (kanan) bersama Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa dan Sekda Ferdinan Sapan dikegiatan pelepasan sapi qurban milik Presiden RI. Foto: Ist

" Pemkab Konawe melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) terus berupaya meningkatkan populasi hewan ternak sapi "

KONAWE, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) terus berupaya meningkatkan populasi hewan ternak sapi, salah satunya memberikan bantuan bibit pangan kepada para petani.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Konawe, Jumrin mengatakan dalam mendukung peningkatan populasi ternak sapi yang ada di Konawe, pihaknya juga telah membuat program penanaman pangan ternak sehingga para petani tidak kesusahan lagi dalam menyuplai kebutuhan pangan terhadap ternaknya.

"Program ini masih sejalan dengan program Inseminasi Buatan (IB) kita," ungkap Jumrin, Selasa, (12/7/2022).

Baca Juga: Berstatus Terpidana, Dua Kepala Desa di Muna Barat Diberhentikan

Adapun jenis bibit rumput yang telah dikembangkan dan diberikan kepada para petani tersebut terdiri dari rumput gajah, Setaria dan Bede.

Jumrin menerangkan, saat ini kelompok tani di Konawe berjumlah sekitar 100 lebih yang menjalankan program IB, dan Pemkab Konawe membantu dalam pemberian bibit pangan ternak.

Baca Juga: Ikut Arahan Presiden, Khofifah Minta Masyarakat Jawa Timur Pakai Masker Lagi

Dengan bantuan bibit pangan ternak tersebut, para petani dapat manfaatkan area lahan miliknya untuk digunakan dalam menanam dan mengembangkan pagan ternak tersebut.

Sehingga demikian, lanjut Jumrin, para petani ternak akan termotivasi lagi dalam mengembangkan sapi miliknya, tanpa harus mengkhawatirkan persediaan pangannya.

"Kita berharap dengan bantuan ini, sekiranya dapat membantu mereka dan juga meningkatkan populasi sapi kita di Konawe," pungkasnya. (C-Adv)

Penulis: Aris Syam

Editor: Musdar

Baca Juga