Gerakan Indonesia Tanpa Pacaran Deklarasi di Kendari, Milenial Antusias

La Ode Andi Rahmat, telisik indonesia
Sabtu, 05 November 2022
0 dilihat
Gerakan Indonesia Tanpa Pacaran Deklarasi di Kendari, Milenial Antusias
Suasana deklarasi Gerakan Indonesia Tanpa Pacaran di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Sabtu (5/11/2022). Foto: La Ode Andi Rahmat/Telisik

" Ratusan milenial antusias hadiri deklarasi Gerakan Indonesia Tanpa Pacaran, di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID - Ratusan milenial antusias hadiri deklarasi Gerakan Indonesia Tanpa Pacaran, di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Sabtu (5/11/2022).

Gerakan Indonesia Tanpa Pacaran sendiri pertama kali dipelopori oleh La Ode Munafar, Tahun 2015 di Kota Yogyakarta.

"Kini sudah punya 40 lebih cabang seluruh Indonesia, maka di Kendari diadakan deklarasinya dalam rangka peresmian bahwa sudah ada chapternya," tutur Munafar.

Baca Juga: Petugas Regsosek Mengeluh Banyak Ditolak Warga

Gerakan Indonesia Tanpa Pacaran didasarkan oleh kekhawatiran terhadap pergaulan anak muda yang tidak lagi melihat batasan antara jenis kelamin dalam pergaulan, maka perlu ada sebuah gerakan untuk menyelamatkan anak muda dari bahaya pacaran.

"Selama 10 tahun saya di Jogja, merasakan kegelisahan pergaulan anak muda di sana. Tidak hanya di Jogja tapi ternyata berbagai kota juga sama. Saya sudah keliling seluruh Indonesia untuk mengisi berbagai acara seminar dan training. Fakta pergaulan anak muda ternyata sama," ucapnya.

Munafar mengingatkan kepada muda-mudi, agar tidak mendekati hubungan pacaran atau hubungan yang dapat mendekatkan pada perbuatan tercela.

"Saya ingin ingatkan jangan bermain-main soal cinta melalui pacaran, apapun itu jenis pacarannya. Pacaran 80% jarang sekali karena sudah ada rasa sebelumnya antara laki-laki dan perempuan, sehingga harus ada batasan komunikasi antara laki-laki dan perempuan," jelasnya.

Ketua panitia kegiatan, Wa Ode Erlin mengaku, tidak ada tantangan dalam melaksanakan acara karena antusias yang tinggi dari peserta untuk mengikuti deklarasi Gerakan Indonesia Tanpa Pacaran.

Baca Juga: Kehilangan Pekerjaan Akibat Pandemi COVID-19, Kakek Ini Terpaksa Memulung

"Karena ketika kita mengajak peserta hadir dalam agenda ini, peserta antusias dan mereka ingin mendapatkan lingkungan baru yaitu mengajak mereka untuk berubah, yang tadinya pacaran jadi tidak pacaran dan ingin taat pada Allah SWT," tuturnya.

Salah seorang peserta, Harsan berharap, kepada muda-mudi dan orang tua agar ikut andil dalam menyampaikan bahaya pacaran yang dapat menjerumuskan pada perbuatan maksiat.

"Ini suatu kegiatan yang mulia, bagaimana kita memikirkan generasi kita ini  bebas dari maksiat, karena pacaran merupakan bagian dari maksiat," ungkapnya. (A)

Penulis: La Ode Andi Rahmat

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga