Gibran Lanjutkan Hilirisasi Jokowi, Mahfud Naikan Pertumbuhan Ekonomi 7 Persen, Cak Imin Turunkan Pajak Kelas Menengah

Mustaqim, telisik indonesia
Jumat, 22 Desember 2023
0 dilihat
Gibran Lanjutkan Hilirisasi Jokowi, Mahfud Naikan Pertumbuhan Ekonomi 7 Persen, Cak Imin Turunkan Pajak Kelas Menengah
Debat tiga cawapres untuk memaparkan masing-masing program jelang Pilpres 2024. Foto: Mustaqim/Telisik

" Tiga calon wakil presiden (cawapres) memulai debat kedua dengan menyampaikan visi, misi dan program mereka di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023) malam "

JAKARTA, TELISIK.ID - Tiga calon wakil presiden (cawapres) memulai debat kedua dengan menyampaikan visi, misi dan program mereka di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023) malam.

Mengawali debat, cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, tampil pertama menyampaikan visi, misi, dan program. Gibran mengatakan akan melanjutkan hilirasi tambang, pertanian, perikanan, digital, dan di sektor lainnya.

Gibran secara tegas menyampaikan hal itu untuk memastukan keberlanjutan estafet pembangunan yang telah dilakukan oleh ayahnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kami juga akan melamukan pemerataan pembangunan yang tidak lagi Jawa sentris," kata Gibran.

Baca Juga: KPU Tak Ingin Kehebohan Gibran Terulang, Cak Imin Deg-degan Jelang Debat Cawapres

Pembangunan Ibu Kota  Nusanyara (IKN) yang sudah dicanangkan oleh Jokowi, oleh Gibran diyakni akan membuka lapangan kerja dan konektivitas.

"IKN juga sebagai simbol pembangunan dan tansformasi," tandasnya.

Program lain yang menjadi fokus Gibran yakni menyiapkan anak-anak muda yang ahli kripto dan keuangan syariah.

"Narasi besarnya keberlanjutan dan penyempurnaan pembangunan," tegas Wali Kota Solo ini.

Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD yang punya giliran berikutnya, meyakini bersama Ganjar Pranowo mampu menaikkan pertumbuhan ekonomi hingga 7 persen.

Pencapain 7 persen ini oleh beberapa rezim pemerintahan, menurut Mahfud, sulit dicapai karena tingginya korupsi di berbagai lembaga. Mahfyd menyebut tidak hanya di lembaga eksekutif, tapi juga di legislatif dan yudikatif.

"Rakyat miskin karena korupsi. Di Madura itu, daerah asal saya, kaya gas alam, tapi tidak pernah dimanfaatkan," katanya.

Karena itu, Mahfud berkomitmen akan memberantas korupsi untuk meningkatkan investasi di dalam negeri.

"Lawan korupsi. Jangan biarkan kekayaan itu hanya berada di orang kaya," ujarnya.

Sementara Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, kembali menegaskan komitmen yang dibangun bersama Anies Baswedan, yakni menghadirkan keadilan dan kemakmuran rakyat.

Baca Juga: Debat Digelar Jumat, Ini Persiapan Cawapres 2024

"Kami berkomitmen akan mewujudkan perubahn dan perbaikan (di bidang ekonomi). Kami juga akan menurunkan pajak kelas menengah," beber Cak Imin.

Cak Imin menyebut, saat ini angka pengangguran 8 juta orang yang dinilainya termasuk masih tinggi. Mengatasi hal ini, dia menegaskan akan meneruskan bantuan sosial (bansos) dan meningkatkan nominal bantuan.

"Kami juga berkomitmen kemampuan daya beli masyarakat. Salah satunya fokus pada alokasi bantuan 5 persen atau 150 triliun dari APBN untuk anak muda sebagai bantuan kredit," jelas Cak Imin.

Debat kedua bertema ekonomi dengan sub tema ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur dan perkotaan. (A)

Penulis: Mustaqim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga