Pasar Bahagia: Pasar Unik Bayar Pakai Doa

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Minggu, 08 Januari 2023
0 dilihat
Pasar Bahagia: Pasar Unik Bayar Pakai Doa
Pasar Bahagia adalah salah satu pasar di Kabupaten Garut yang transaksinya bukan menggunakan uang, melainkan doa. Foto: Repro Pontianak.tribunnews.com

" Pasar Bahagia terletak di Desa Cipicung, Banyuresmi, menarik perhatian warga karena menggratiskan barang-barang yang tersedia di dalamnya "

GARUT, TELISIK.ID – Pasar lumrahnya menjadi tempat transaksi barang yang ditukar dengan uang sebagai alat pembayaran. Namun Kabupaten Garut punya pasar yang unik dan tak memerlukan uang untuk bertransaksi.

Dilansir dari Harapanrakyat.id, sebuah pasar yang diberi nama Pasar Bahagia ini terletak di Desa Cipicung, Banyuresmi, menarik perhatian warga karena menggratiskan barang-barang yang tersedia di dalamnya.

Oleh karena itu, tidak sedikit warga yang menyerbu pasar itu. Panitia pasar, Nurwan mengaku, kegiatan ini sudah pihaknya selenggarakan sebanyak tiga kali. Dan menurutnya mendapat respon baik dari warga.

“Alhamdulillah, setelah kemarin kita pasang spanduk, ternyata banyak juga masyarakat yang datang untuk belanja ke Pasar Bahagia Garut,” kata Nurwan, Sabtu (7/1/2023).

Baca Juga: Jembatan Penghubung di Lambandia Diperbaiki Jelang HUT Kolaka Timur

Ia menjelaskan, di pasar tersebut tersedia 11 macam sembako yang bisa diambil secara gratis, salah satunya yaitu sayur mayur. Nurwan menambahkan, pada awalnya pihaknya menargetkan masyarakat yang hadir sebanyak 200 orang, namun ternyata antusiasme masyarakat luar biasa sehingga kurang lebih 300 orang masyarakat hadir dalam kegiatan ini.

Dikutip dari Jabarprov.go.id, bukan hanya warga, Wakil Bupati Garut Helmi Budiman pun tertarik dengan konsep yang diberlakukan di Pasar Bahagia. Sehingga ia memastikannya dengan datang langsung ke lokasi.

Baca Juga: Pj Bupati Pimpinan Upaca HUT Kolaka Utara Ke-19

Ia terkesan dengan lembaga Yuk Peduli yang menyelenggarakan Pasar Bahagia ini. kegiatan Pasar Bahagia ini sangat menarik karena diawali dengan beberapa rangkaian ibadah, seperti salat tahajud, salat subuh berjamaah, dan ceramah agama.

“Saat saya pastikan dan datang, ternyata Pasar Bahagia Garut ini benar ada,” ujarnya.

Ia menegaskan, pembeli yang mengunjungi pasar ini tidak perlu bayar. Sebagai gantinya, mereka hanya perlu membayar dengan doa. Pasar Bahagia tidak digelar setiap hari melainkan hanya waktu-waktu tertentu saja. Meski begitu, pasar ini mampu memberi kebahagiaan bagi banyak orang. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga