Gubernur Sultra Apresiasi Pembangunan Bandara di Kolaka Utara

Muh. Risal H, telisik indonesia
Jumat, 07 Januari 2022
0 dilihat
Gubernur Sultra Apresiasi Pembangunan Bandara di Kolaka Utara
Sekda Provinsi Sulawesi Tenggara, Dr. Hj. Nur Endang Abbas, SE., M.Si saat memimpin upacara HUT Kolut ke-18 tahun. Foto: Diskominfo Kolaka Utara

" Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara Ali Mazi memberikan apresiasi atas pembangunan Bandar Udara di Kabupaten Kolaka Utara "

KOLAKA UTARA, TELISIK. ID - Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi memberikan apresiasi atas pembangunan Bandar Udara (Bandara) di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut).

Apresiasi tersebut, disampaikan langsung Sekertaris Daerah (Sekda) Sultra, Nur Endang Abbas, saat membacakan sambutan Gubernur Sultra di momen upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kolut ke-18 yang digelar di Lapangan Aspirasi Lasusua, Jumat (7/1/2022).

"Selaku pimpinan daerah Provinsi Sultra, kami mendukung penuh berbagai kebijakan pembangunan yang dijalankan Pemerintah Daerah Kolut dalam rangka mewujudkan kemajuan pembangunan daerah," kata Gubernur dalam sambutannya yang dibacakan Nur Endang.

Selain itu lanjutnya, Pemprov Sultra akan berusaha memastikan program pembangunan di Sultra senantiasa saling bersinergi, baik antar pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota maupun sinergi antara pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

Sekda Pemprov Sultra saat bersama Bupati Kolut, Drs. H. Nur Rahaman Umar, MH menyerahkan secara simbolis dua unit motor kepada kepala desa. Foto: Muh. Risal H/Telisik

 

"Salah satu wujud dukungan itu, baru-baru ini Pemprov Sultra mengusulkan dan telah disetujui pembangunan Bandara Kolaka Utara. Semoga dengan adanya Bandara di Kolaka Utara dapat membuka aksesibilitas dan kegiatan pembangunan ekonomi yang lebih maju," jelasnya.    

Menurut Gubernur, perayaan HUT Kolut kali ini tidak hanya dimaknai sebagai agenda tahunan semata. Namun, harus kita maknai sebagai sebuah momentum bagi seluruh jajaran pemerintahan legislatif, yudikatif dan segenap komponen masyarakat di Daerah Kolut untuk merefleksikan dan mengevaluasi kembali catatan-catatan perjalanan daerah Kolut yang telah dilalui hingga saat ini.

Baik penyelenggaraan roda pemerintahan, kebijakan pembangunan daerah, maupun pembinaan kemasyarakatan dalam hidup berbangsa dan bernegara sebagai dasar untuk penataan dan pengelolaan yang lebih ke depan.

"Tentunya kita sadari bahwa capaian hasil pembangunan di Kolut hingga hari ini telah menunjukkan berbagai kemajuan di berbagai bidang, mulai bidang ekonomi, sosial, hingga politik yang patut diapresiasi atas kemajuan tersebut adalah sebuah kerja keras dan kolaborasi semua pihak, semua komponen dan seluruh lapisan masyarakat," urainya.  

Selain apresiasi atas capaian kemajuan Kolut, Ali Mazi juga berharap kepada Bupati dan Wakil Bupati Kolut beserta jajarannya agar mencermati secara objektif berbagi kekurangan dan kelemahan serta kebutuhan masyarakat untuk perbaikan secara komprehensif ke depan.

"Patut kami syukuri bahwa Kolaka Utara sangat berkontribusi secara positif terhadap percepatan pembangunan Provinsi Sulawesi Tenggara secara umum," ucapnya.

Kata dia, Kolut merupakan salah satu bagian kabupaten di Sultra yang dikarunia berbagai kekayaan alam yang melimpah di sektor pertanian utamanya sub sektor perkebunan, pertambangan, pariwisata, kelautan dan perikanan.

"Atas potensi tersebut saya titipkan kepada seluruh penyelenggara pemerintahan untuk mengelola dengan memanfaatkan secara bijak, cerdas, dan bertanggung jawab untuk keberlanjutan pembangunan masyarakat dan Daerah Kolut, karena potensi sumber daya tersebut telah menjadi urat nadi yang diyakini dapat berkontribusi besar bagi peningkatan perekonomian masyarakat," terangnya.

Sekda Pemprov Sultra bersama Bupati dan Wakil Bupati Kolut serta ketua DPRD Kolut usai memimpin upacara peringatan HUT Kolut ke-18. Foto: Muh. Risal H/Telisik

 

Untuk itu lanjut Nur Endang, melalui momentum HUT Kolut ke-18, pihaknya mengajak semua komponen untuk senantiasa menciptakan kondisi harmonis serta kerjasama yang energik dan kolaborasi yang berlandaskan asas kebersamaan, kegotong royongan dan kekeluargaan dalam melaksanakan pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan menuju Kolut yang lebih baik.

Kepada Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Utara serta semua elemen agar terus saling bahu-membahu dan saling support agar pembangunan yang telah dilaksanakan mampu menghadirkan nilai tambah dan memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi kemakmuran masyarakat Kolut sekaligus Pemprov serta bangsa yang kita cintai.    

Baca Juga: Syarat Terbang Terbaru Dalam dan Luar Pulau Jawa Bali

"Saya selaku Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara mengucapkan,  dirgahayu Kolaka Utara ke-18 semoga dalam usianya yang ke-18 tahun, Kolaka Utara terus berkembang menjadi daerah yang maju dan berdaya saing, seiring dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat," katanya.

Tidak hanya itu, Gubernur Sultra juga mengapresiasi Pemkab Kolut beserta jajarannya dan pihak-pihak yang terlibat dalam vaksinasi COVID-19, sehingga Kolaka Utara mampu memenuhi cangkupan vaksinasi yang diinstruksikan oleh Presiden RI.

"Dan Kolaka Utara merupakan rangking 7 dari 17 kabupaten/kota se-Sultra yang berada di atas 70 persen pencapaian dosis satu," imbuhnya.

Baca Juga: Pelatih Biliar Dijewer Gubernur Sumut Tak Hadiri Panggilan Penyidik

Untuk informasi, dalam momen HUT Kolut ke-18 tahun ini Sekda Provinsi Sultra didaulat menjadi Inspektur upacara. (Adv) (C)

Reporter: Muh. Risal H

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga