Gubernur Sultra: Baubau Kelak Menjadi Ibu Kota Provinsi Kepulauan Buton

Sumarlin, telisik indonesia
Rabu, 30 Maret 2022
0 dilihat
Gubernur Sultra: Baubau Kelak Menjadi Ibu Kota Provinsi Kepulauan Buton
Gubernur Sultra Ali Mazi saat membuka Musrenbang Provinsi Sultra di Kota Baubau. Foto: Sumarlin/Telisik

" Pelaksanaan musyawarah perencanaan nasional (Musrenbang) tingkat Provinsi Sultra di Kota Baubau, untuk menunjukkan eksistensi Kota Baubau siap menggelar event akbar "

BAUBAU, TELISIK.ID - Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi menyatakan, pelaksanaan musyawarah perencanaan nasional (Musrenbang) tingkat Provinsi Sultra di Kota Baubau, untuk menunjukkan eksistensi Kota Baubau siap menggelar event akbar,

Kata Ali Mazi, event tersebut dapat dilakukan mulai tingkat provinsi maupun nasional, serta Kota Baubau menjadi Ibu kota Provinsi Kepulauan Buton jika dimekarkan nanti.

"Dan yang terpenting lagi, masyarakat dan pemerintah Kota Baubau telah siap jika Kota Baubau kelak menjadi Ibu kota Provinsi Kepulauan Buton hasil pemekaran dengan Provinsi Sulawesi Tenggara," ungkap gubernur disambut tepuk tangan hadirin, dalam pembukaan Musrenbang, Rabu (30/3/2022).

Ali Mazi menjelaskan, Musrenbang provinsi yang digelar di luar Ibu kota provinsi merupakan momentum bangkitnya ekonomi masyarakat Sultra pasca pandemi COVID-19.

Menurut gubernur, pelaksanaan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) ini merupakan bentuk komitmen mewujudkan tujuan pembangunan nasional dan mensinergikan program Pemerintah Pusat dengan daerah secara berjenjang.

Baca Juga: Jadi Tuan Rumah Musrenbang, Diperkirakan Rp 10 Miliar Uang Beredar di Baubau

"Musrenbang RKPD ini merupakan Musrenbang terakhir dalam periode RPJMD Sulawesi Tenggara tahun 2018-2023," bebernya.

Dalam Musrenbang Provinsi Sultra, masih terdapat empat persoalan dan isu strategis yang akan dikerjakan tahun 2023, yakni pembangunan manusia, pemulihan ekonomi daerah dan penanggulangan kemiskinan, tata kelola pemerintahan dan peningkatan investasi dasar infrastruktur dasar dan wilayah terutama sektor unggulan.

Tempat sama, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengaku, pemerintah kota siap bersinergi dengan Pemprov Sultra dengan mendukung sejumlah pembangunan yang dilakukan di Kota Kendari, seperti pembangunan jalan Kendari-Toronipa dan pemanfaatan perpustakaan.

Baca Juga: Dampak Positif Festival Budaya terhadap Pelaku UKM Buton Selatan

"Ada beberapa program strategis Pemprov Sultra yang dipercayakan untuk dilakukan di Kota Kendari, seperti jalan Kendari-Toronipa,  kemudian rumah sakit jantung  dan beberapa fasilitas lain termasuk menghidupkan perpustakaan ini nanti kita akan coba sinergikan dengan pemerintah provinsi," ungkapnya.

Menurut pasangan Siska Karina Imran ini, sinergitas dibutuhkan karena Kota Kendari juga butuh dukungan Pemda Sultra untuk menyukseskan pembangunan di kota, seperti percepatan realisasi Mal Pelayanan Publik (MPP), program pemulihan ekonomi nasional (PEN),  jalan, rumah sakit dan puskesmas.

Musrenbang RKPD Provinsi Sultra ditutup dengan penandatanganan berita acara Musrenbang oleh Gubernur Sultra, Kepala Bappeda Sultra, Kepala Dinas Perumahan Sultra dan perwakilan Kementerian Dalam Negeri. (B)

Reporter: Sumarlin

Editor: Kardin

Baca Juga