H-1 Idul Adha, Daging dan Ikan Diserbu Pembeli

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 09 Juli 2022
0 dilihat
H-1 Idul Adha, Daging dan Ikan Diserbu Pembeli
Pembeli berdesak-desakan di lapak pedagang ikan di Pasar Sentral Ranomeeto, Sabtu (9/7/2022). Foto: Nur Khumairah/ Telisik

" Tradisi masyarakat mengkonsumsi daging sapi di saat momen lebaran membuat pedagang daging sapi kebanjiran rezeki "

KENDARI, TELISIK.ID - Tradisi masyarakat mengkonsumsi daging sapi di saat momen lebaran membuat pedagang daging sapi kebanjiran rezeki. Hal ini terlihat di Pasar Sentral Ranomeeto, Sabtu (9/7/2022).

Salah seorang pedagang daging sapi di Pasar Sentral Ranomeeto, Juleha mengatakan, sejak pagi pembeli sudah memenuhi pasar.

"Rame sejak jam 6 pagi tadi, kebanyakan yang dicari daging ayam dan sapi," tuturnya.

Dari pantauan Telisik.id, para ibu rumah tangga yang hendak membeli kebutuhan lebaran saling berdesak-desakan, disebabkan jalan depan lapak penjual terbilang sempit.

Selain lapak penjual daging sapi dan ayam, lapak penjual ikan dan bumbu dapur juga dipenuhi oleh ibu-ibu. Sebagian pembeli mengeluhkan mahalnya harga beberapa jenis bumbu dapur seperti cabai keriting yang hanya dijual dalam ikatan kecil-kecil.

Baca Juga: Tahapan Sosialisasi Pilkades di Muna Diawali di Kecamatan Tongkuno dan Tongsel

"Tadi sudah cari mau beli minimal setengah kilo, tapi ternyata rata-rata yang dijual cuma ikat-ikatan kecil saja Rp 5 ribu, terpaksa beli bumbu jadi," kata Dewi, salah satu pembeli di Pasar Ranomeeto.

Selain menyerbu lapak penjual daging sapi dan ayam, lapak penjual ikan juga tak kalah ramai oleh pembeli. Pantauan Telisik.id, harga ikan di H-1 Idul Adha terbilang cukup mahal.

Baca Juga: Plt Kadis Ketahanan Pangan Buton Utara Bantah Tudingan Sembunyikan Dana Perjalanan Dinas

Pedagang ikan, Mahmud mengatakan, harga ikan memang sedang naik. Ikan yang ia jual seperti ikan tembang dan ikan ruma-ruma, ia jual dengan harga Rp 35 ribu hingga Rp 45 ribu per kilogram.

"Biasanya harganya ikan kalau lagi melimpah, kita jual murah juga, paling tinggi sekitaran Rp 30 ribu saja," katanya.

Ia menampik jika memanfaatkan momen Idul Adha yang ditetapkan jatuh pada esok hari, Minggu (10/7/2022) oleh pemerintah serta banyaknya pembeli yang sedang berdatangan. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga