H-1 Lebaran Idul Adha, Pinggir Jalan La Ode Hadi Disulap jadi Pasar Tumpah

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Rabu, 28 Juni 2023
0 dilihat
H-1 Lebaran Idul Adha, Pinggir Jalan La Ode Hadi Disulap jadi Pasar Tumpah
Berbagai pedagang dadakan mendirikan tenda di Jalan La Ode Hadi. Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

" Memanfaatkan momen lebaran yang tinggal sehari, banyak pedagang mendirikan pasar dadakan atau biasa disebut Pasar Tumpah di sepanjang Jalan La Ode Hadi "

KENDARI, TELISIK.ID - Lebaran Idul Adha 1444 Hijriah berdasarkan keputusan pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) jatuh pada hari Kamis (29/6/2023) besok. 

Memanfaatkan momen lebaran yang tinggal sehari, banyak pedagang mendirikan pasar dadakan atau biasa disebut Pasar Tumpah di sepanjang Jalan La Ode Hadi, Kelurahan Bonggoeya, Kecamatan Wua-Wua, Kota Kendari. Tepatnya dari daerah pertigaan menuju Pasar Panjang hingga pertigaan menuju Asrama Haji.

Para pedagang tersebut menjual berbagai kebutuhan lebaran, mulai dari daging kambing, sapi, ayam kampung, ayam potong, bumbu dapur, nanas, hingga kulit ketupat.

Baca Juga: Pedagang Daging dan Ayam di Pasar Banting Lapak ke Pinggir Jalan Poros Bandara Haluoleo Kendari

Salah seorang pedagang daging, Kaharuddin mengaku memilih daerah ini sebagai tempat berjualan karena merupakan jalan penghubung dari Kendari ke arah Konawe Selatan (Konsel).

"Di sini ramai kendaraan, mobil-mobil dari daerah Kendari yang mau ke Konsel rata-rata lewat sini, jadi lumayan untung, daripada di pasar banyak orang yang jualan," tuturnya pada Telisik.id.

Harga yang ditawarkan oleh para pedagang di daerah ini juga tidak jauh beda dengan harga di pasar. Daging misalnya, harga per kilonya dibanderol seharga Rp 147.000.

Sementara itu untuk harga ayam kampung yang masih hidup cukup beragam, mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 200.000 per ekornya tergantung jenisnya, sebagaimana yang disampaikan oleh Jamiuddin, salah seorang pedagang ayam kampung.

"Ini yang besar Rp 200 ribu, kalau yang kecil-kecil ini mulai dari 150 ribu," jelasnya sembari menujuk ayam yang ia jual.

Baca Juga: Puluhan Pedagang Daging Sapi Buka Lapak di Pinggir Jalan

Keberadaan pasar tumpah ini rupanya cukup membantu para pembeli yang tidak sempat lagi ke pasar, seperti yang dialami oleh Kasmawati, seorang ibu rumah tangga yang kebetulan lewat.

"Kebetulan lewat di sini, lihat banyak penjual jadi singgah beli, ini saya beli ayam potong," jelasnya sembari menunjukkan daging ayam yang telah ia beli.

Pasar tumpah ini sendiri rencananya akan terus buka hingga menjelang magrib nanti atau sekitar pukul 17.30 Wita. (B)

Penulis: Ahmad Badaruddin 

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga