Muna Barat dan Bandung Teken Kerjasama Berbasis Elektronik

Putri Wulandari, telisik indonesia
Kamis, 20 Oktober 2022
0 dilihat
Muna Barat dan Bandung Teken Kerjasama Berbasis Elektronik
Pemerintah Kabupaten Muna Barat resmi kerjsama dengan Pemerintah Kabupaten Bandung terkait tata kelola pemerintahan berbasis aplikasi. Foto: Ist.

" Pemerintah Kabupaten Muna Barat resmi teken kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bandung "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Muna Barat resmi teken kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bandung, Kamis (20/10/2022).

Kerjasama itu berkaitan dengan potensi daerah dan pelayanan publik, serta kerjasama lainnya dalam tata kelola pemerintahan berbasis aplikasi.

Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri dalam sinergikan kerjasama tersebut, ia memboyong Sekda dan beberapa kepala OPD ke Bandung.

Dalam kegiatan itu, Bahri mengatakan, perjanjian kerjasama itu menyasar pembangunan potensi daerah, serta pelayanan publik berbasis elektronik.

Baca Juga: Pernah Blokade Jalan, Kini Jalur Provinsi Desa Watumerembe Konawe Selatan Teraspal

"Kerjasama ini merupakan pertama kali bagi Muna Barat dalam menindaklanjuti amanah Perpres Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Permintaan Berbasis Elektronik," tuturnya.

Ia juga menyampaikan, kerjasama itu juga demi tujuan terwujudnya tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel, serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya di Muna Barat.

Sehingga ia sangat optimis di tahun 2023 mendatang, ia dapat membangun Mall Pelayanan Publik (MPP) di Bumi Praja Laworoku, guna memastikan pelayanan publik terpusat dan semua terintegrasi yang telah disediakan oleh kementerian, pemerintah daerah, swasta, BUMN, BUMD, serta lainnya.

Dengan tekad yang diungkapkan oleh Pj Bupati Muna Barat, Dadang Supriatna selaku Bupati Bandung memuji inisiatif Bahri dalam membangun kerjasama tersebut.

Dalam pengaplikasian E-Office, dikatakannya, Pemerintah Kabupaten Bandung telah mendapat beberapa penghargaan dari Provinsi Jawa Barat sebagai tokoh literasi digital yang tak luput dari kinerja Kominfo Kabupaten Bandung.

"Semoga dengan kerjasama ini dapat tingkatkan kualitas pelayanan di daerah kita masing-masing," tutupnya.

Baca Juga: P3APPKB Sulawesi Tenggara Kolaborasi Bersama DP3A Muna Barat Bentuk Forum Puspa

Dalam kerjasama itu, ada beberapa bagian, yakni pertama, perjanjian Kepala BKPSDM Kabupaten Bandung dan Kabupaten Muna Barat dalam hal replikasi aplikasi Sistem Penilaian Kinerja Pegawai (SASIKAP).

Kedua, perjanjian kerjasama antara Dinas Kominfo Bandung dan Muna Barat dalam replikasi aplikasi E-Office.

Ketiga, perjanjian kerjasama antar Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian dan Pengembangan Daerah dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Muna Barat terkait replikasi Aplikasi Inovasi dan Kelibatbangan (APIK).

Keempat, perjanjian kerjasama Sistem Informasi Data, Pengendalian, Monitoring dan Informasi Pembangunan. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

Baca Juga